alexametrics

10 Makanan yang Aman Dikonsumsi Setelah Tanggal Kedaluwarsa

loading...
10 Makanan yang Aman Dikonsumsi Setelah Tanggal Kedaluwarsa
Tanggal kedaluwarsa dibuat sebagai petunjuk bagi konsumen atau produsen, di mana jika tertera dikonsumsi hingga tanggal sekian, artinya produk mencapai puncak terbaik atau kesegarannya pada tanggal tersebut. Foto/Ilustrasi/Detroitnews.com
A+ A-
JAKARTA - Banyak orang membuang makanan dan minuman ketika melewati tanggal kedaluwarsa. Namun faktanya, sejumlah makanan dan minuman masih aman dikonsumsi meski telah melewati tanggal yang tertera pada kemasan.

Tanggal kedaluwarsa dibuat sebagai "petunjuk" bagi konsumen atau produsen, di mana jika tertera dikonsumsi hingga tanggal sekian, artinya produk mencapai puncak terbaik atau kesegarannya pada tanggal tersebut dan masih bisa dikonsumsi melewati tanggal yang tertera. Sedangkan untuk informasi "dikonsumsi sebelum tanggal" menunjukkan bahwa kualitas produk mencapai puncak terakhirnya sebelum tanggal itu dan pada saat sudah melewati tanggal tersebut tentu saja tak bisa lagi dikonsumsi.

Kendati demikian, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya jika makanan tampak tidak enak atau memiliki bentuk yang sudah berubah, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini juga tergantung pada penanganan serta keamanan makanan yang baik, sehingga pastikan Anda menyimpan makanan secara benar dan pada suhu yang tepat.



Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang masih dapat dikonsumsi meski telah melewati tanggal kedaluwarsa, seperti dilansir dari laman Delish.

1. Makanan Kaleng
Selama Anda menyimpan makanan kaleng pada suhu yang aman, yaitu di bawah 75 derajat, makanan tersebut tetap aman tanpa batas waktu. Tetapi, kualitas terbaik makanan tersebut terjadi dalam dua hingga lima tahun. Jika kaleng berkarat, sebaiknya buang makanan itu.

2. Makanan Beku
Makanan beku aman dikonsumsi tanpa batas waktu. Namun, kualitasnya akan mulai menurun dalam beberapa bulan hingga satu tahun, tergantung pada produk apa yang disimpan.

3. Keju Keras
Berapa lama keju jenis ini akan bertahan, tergantung pada bagaimana Anda menyimpannya. Idealnya keju bertahan enam bulan sebelum dibuka dan disimpan di lemari es, serta mampu bertahan sekitar satu bulan setelah dibuka. Jika muncul jamur, Anda bisa menggunakan pisau bersih lalu mengiris bagian berjamur pada keju itu.

4. Telur
Telur umumnya aman disimpan sekitar tiga hingga lima minggu dari tanggal pembelian, bahkan jika tanggal yang dicetak sudah berlalu.

5. Roti
Roti umumnya akan menjadi basi setelah tanggal kedaluwarsa, tetapi tetap aman untuk dimakan. Jika sudah berjamur, roti sebaiknya dibuang. Untuk memperpanjang usia simpannya, simpan roti di dalam freezer.

6. Sereal
Sereal mungkin bisa basi, tapi masih aman dikonsumsi lama setelah tanggal kedaluwarsa.

7. Pasta Kering
Pasta kering akan bertahan sekitar dua tahun. Namun, jika pasta sudah dibuka, makanan ini hanya mampu bertahan selama satu tahun.

8. Gula
Gula tidak pernah rusak. Tetapi, untuk kualitas terbaik, sebaiknya gunakan dalam waktu dua tahun.

9. Susu
Tanggal yang tertera pada kemasan susu merupakan tanggal jual dan tanggal digunakan. Namun, umumnya susu aman digunakan selama beberapa hari setelah tanggal yang tertera, terutama jika Anda belum membukanya.

10. Yogurt
Yogurt akan bertahan selama satu minggu atau lebih setelah tanggal kedaluwarsa.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak