Ruang Hijau Wajib Eksplorasi Di Singapura

Jum'at, 26 Juni 2015 - 09:58 WIB
Ruang Hijau Wajib Eksplorasi Di Singapura
Ruang Hijau Wajib Eksplorasi Di Singapura
A A A
MEMBAHAS Singapura memang tak pernah habis. Kali ini bukan tentang wisata belanja atau kulinernya yang membuat hati selalu terpuaskan. Namun, tentang ruang hijau yang harus Anda eksplorasi ketika berada di sana.

Dari kebun vertikal futuristik untuk hutan hujan primer yang rimbun, Anda bisa mencari tahu mengapa Singapura juga bernama Garden City dengan mengunjungi ruang hijau yang paling menawan di negara itu. Ada sembilan ruang hijau yang fantastis menurut The Huffington Post . Berikut daftarnya.

Gardens By The Bay

Mengembara di sepanjang jalan antara kebun vertikal dan melalui hutan awan berkabut sungguh merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Kebun Marina Bay seluas 101 hektare lahan reklamasi dengan dua bidang utama, Bay South Garden dan Bay East Garden. Bay South adalah satu-satunya kebun dengan ikon Supertrees, yakni hingga 16 lantai taman vertikal tinggi yang akan terlihat jauh lebih mengesankan pada malam hari. Adapun Bay East memiliki rumput terbaik dan dirimbuni pohon palem yang menjulang. Jangan lewatkan juga kebun kubah Cloud Forest, lengkap dengan gemuruh air terjun. Kafe dan restoran juga mudah dijumpai di kebun ini.

Fort Canning Park

Terletak di sebuah bukit dekat dengan kawasan populer Orchard Road, taman ini terdiri atas hutan, rumput, dan menampilkan tanaman berbunga tropis. Berbagai pertunjukan seperti konser terbuka dan pertunjukan Shakespeare juga tak kalah tenar. Ada pula situs bersejarah dalam taman yang menarik, ditambah monumen abad pertengahan kedua dan Perang Dunia II. Sebuah taman rempah-rempah, patung taman, dan kompleks militer bawah tanah juga bisa dikunjungi di sini.

Singapore Botanic Gardens

Anda bisa menghabiskan hari dengan seolah-olah tersesat di labirin kebun dan melihat penampilan dari orkestra yang mengesankan. Didirikan kembali pada tahun 1859 silam, kebun seluas 40 hektare ini disulap dari bekas perkebunan menjadi kebun raya. Jelajahi area bertema seperti taman evolusi, taman penyembuhan, dan taman anggrek. Di sini ada display anggrek terbesar di dunia dengan lebih dari 16.000 tanaman. Mengembara di sepanjang labirin jalur sambil menikmati air terjun, danau, dan lembah sawit, serta terkadang ada pertunjukan orkestra. Kebun ini memiliki beberapa restoran mewah yang luar biasa, seperti restoran terbuka Halia.

Bukit Timah Nature Reserve

Mendaki sekitar hutan hujan utama untuk melihat keanekaragaman hayati Singapura. Meliputi 3.043 hektare, Bukit Timah Nature Reserve adalah padang gurun yang luas dari hutan hujan primer dengan keanekaragaman hayati yang besar. Di sini ada lebih dari 500 spesies hewan dan lebih dari 840 tanaman. Bosan hanya berjalan kaki, Anda bisa bersepeda dan hiking trails di sini.

The Kranji Countryside

Jelajahi lahan pertanian yang tersisa di Singapura, sekaligus membeli produk lokal. Di barat laut Singapura, di daerah pedesaan ini telah berhasil dikembangkan jaringan petani budi daya produk organik dan mempromosikan gaya hidup pedesaan. Pengunjung dapat menjelajahi sejumlah peternakan dan membeli produk yang tumbuh di sana. Bollywood Veggies adalah tempat yang populer untuk menghabiskan beberapa jam menjelajahi tanah dan memilih tempat makan di Poison Ivy Bistro. Pertanian memiliki sekolah memasak juga. Di sini sebagian besar buah, sayuran, dan rempah-rempah tumbuh.

East Coast Park

Bersepeda dan meluncur di sepanjang taman pesisir. Kelilingi jalur sepanjang 15 kilometer di garis pantai berpasir, yang ditemani pohon kelapa dan tanaman hijau. Banyak orang berkumpul di sini untuk bersepeda, bermain rollerblade , piknik atau hanya mengamati orang yang lalu lalang. Tak hanya itu, di sepanjang taman dihiasi dengan restoran-restoran yang terkenal di seluruh Singapura, dengan restoran yang menyajikan hidangan Singapura klasik, seperti kepiting cabai.

Pulau Ubin

Anda bisa bersepeda mengelilingi sekitar pulau di lepas pantai timur laut pedesaan Singapura. Pulau kecil yang berada di lepas sudut timur laut daratan ini kerap disebut sebagai Singapura tahun 1960-an. Dengan jalan kerikil, hutan lebat, dan banyak satwa liar, termasuk kehidupan laut seperti gurita dan bintang laut di terumbu karang di Chek Jawa Wetlands.

Banyak orang mengunjungi tempat ini untuk bersepeda ria hingga puas. Tak heran banyak toko penyewaan sepeda yang berdekatan dengan dermaga pulau. Jika Anda lapar, tak usah khawatir, restoran di desa melayani persembahan yang luar biasa dari makanan laut. Pulau ini bisa didatangi 10 menit naik perahu dari Changi Point Ferry Terminal.

The Chinese and Japanese Gardens

Anda bisa segera memutuskan untuk mengembara di antara pagoda dan tamantaman meditasi. Jangan lupa untuk menyeberangi jembatan dan melihat kurakura dan pusat kura-kura. Terletak di dua pulau dari Jurong Lake di sebelah barat Singapura dan terhubung oleh Bridge Double Beauty, Chinese and Japanese Gardens adalah tempat yang begitu tenang. Dengan luas 13,5 hektare, kebun ini memiliki daya tarik utama dengan jembatan batu, taman bonsai, pagoda, dan rumah minum teh yang diterapkan pada arsitektur dan lanskap kekaisaran China utara.

The Southern Ridges

Berjalan di sepanjang trotoar futuristik untuk melihat pemandangan hutan dan taman. Anda juga bisa bersepeda di antara sejumlah taman dan tempattempat belantara Singapura dengan melintasi Southern Ridges. Membentang sepanjang 10 kilometer, kebun ini menggabungkan jalan kanopi dan Henderson Waves setinggi 63 meter, yang menghubungkan taman dari Mount Faber, Telok Blangah Hill, Hort dan Kent Ridge, serta Labrador Nature Reserve. Ketika Anda melewati pulau hutan hujan sekunder, Anda juga bisa melihat satwa liar.

Susi susanti
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6472 seconds (0.1#10.140)