Resep Kue Bolu Mentimun

Minggu, 28 Juni 2015 - 10:30 WIB
Resep Kue Bolu Mentimun
Resep Kue Bolu Mentimun
A A A
JAKARTA - Mentimun terkenal dengan khasiatnya yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Mentimun dipercaya dapat menghilangkan racun di dalam tubuh, pengontrol tekanan darah, pencegah sembelit, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan masih banyak yang lainnya.

Bagi Anda yang tidak menyukai mentimun yang biasa disajikan dalam bentuk acar, Anda dapat mencoba alternatif lain seperti membuat jus mentimun, es mentimun serut, atau bahkan mecoba sesuatu yang unik yakni membuat kue bolu mentimun. Berikut resep Kue Bolu Mentimun yang dilansir dari Kitchn.

Bahan-bahan:

2 bh mentimun ukuran sedang
3 cangkir tepung terigu
2 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
2 sdt kayu manis
1/4 sdt pala
1 sdt garam
2 butir telur ukuran besar
1 cangkir gula
1/2 cangkir gula merah
3/4 cangkir minyak zaitun atau minyak canola
2 sdt ekstrak vanili
Mentega untuk olesan
Tambahan: kismis, kacang, atau chocolate chip (optional)

Cara membuat:
1. Panaskan oven hingga 180 derajat Celsius.
2. Siapkan dua loyang kue berbentuk persegi panjang ukuran 20 x 10 cm. Olesi permukaan dalamnya dengan mentega.
3. Parut mentimun hingga kurang lebih menghasilka tiga cangkir mentimun parut. Setelah itu, bungkus mentimun parut dengan kain tipis dan peras hingga air mentimun keluar. Usahakan hingga sekering mungkin. Sisihkan.
4. Campurkan tepung, baking powder, baking soda, dan rempah-rempah dalam mangkuk besar. Kemudian, di mangkung lain, kocok telur, gula, minyak zaitun, dan ekstrak vanili.
4. Aduk mentimun dan bahan tambahan (kacang, kismis, atau chocolate chip) dalam campuran tepung. Kemudian tambahkan adonan telur, dan aduk merata hingga tepung tidak menggumpal. Kemudian bagi adonan ke dalam dua loyang.
5. Masukkan kedua loyang ke dalam oven, panggang selama 45 sampai 50 menit, sampai kue berwarna cokelat keemasan. Anda dapat menusuk kue dengan tusuk gigi untuk memastikan bahwa kue sudah matang. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan diamkan selama 10 menit sebelum dikeluarkan dari loyang.
6. Untuk menyimpan sisa kue, Anda dapat membungkusnya dengan aluminium foil dan disimpan di lemari es. Jika dalam keadaan beku, kue dapat bertahan hingga tiga bulan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3414 seconds (0.1#10.140)