Gitar Custom Kirk Hammett Bisa Panggil Arwah?

Rabu, 01 Juli 2015 - 15:29 WIB
Gitar Custom Kirk Hammett Bisa Panggil Arwah?
Gitar Custom Kirk Hammett Bisa Panggil Arwah?
A A A
LONDON - Sebagai seorang gitaris tentunya Kirk Hammett (gitaris Metallica) punya punya berbagai macam koleksi gitar. Dari berbagai macam koleksinya ternyata Kirk punya koleksi gitar yang konon bisa memangil arwah gitar legendaris tersebut bernama Gitar Ouija.

Sebagai gitaris, Di tahun 1993, Hammet memesan secara khusus (custom) pada ESP, dua buah gitar dengan desain bodi papan Ouija. ESP sebagai produsen gitar yang meng-endorse Hammet pun menyambut gagasan itu. Di tahun berikutnya, ESP mendapat lagi pesanan 5 unit untuk pasar Jepang. Ketujuh edisi itu punya ciri khusus, yaitu wajah bulan yang menghadap ke arah headstock.

Dan kesalahan tulis yang disengaja pada kalimat "William Fuld talkin board set". Pada gitar milik Hammet tertulis "William Fued talking baard set." Awalnya tulisan berwarna kuning stabilo itu berpendar di kegelapan. Setelah 7 - 10 tahun tulisan itu baru memudar.

Sampai 1999, hanya 64 gitar Ouija yang di produksi pabrik gitar asal Jepang itu. Dengan desain sambungan neck langsung, pick up aktif EMG 81, Floyd Rose tremolo, bodi dari kayu alder, neck dari kayu maple, dan fingerboard dari rosewood, gitar ini dibanderol sekitar USD2.500. Akhirnya produksi dihentikan karena perselisihan dengan Parker Brother yang memegang lisensi papan Ouija waktu itu.

Sepuluh tahun kemudian, Kirk Hammet dan ESP kembali melansir gitar yang langka dan banyak diburu kolektor itu. Apalagi mereka telah mendapat 'lampu hijau' dari Hasbro, pabrik mainan yang kini memegang lisensi papan Ouija. Aksesoris tambahan yang membedakan dari edisi sebelumnya yaitu inlay bulan sabit yang terbuat dari kaca, fingerboard eboni, dan pick up EMG 81 bridge / 60 neck. Saat ke Indonesia, tahun lalu, Hammet memakai gitar Ouija hitamnya.

Dalam edisi 2009, gitar pemanggil arwah itu diproduksi dalam 2 warna, hitam dan putih. Masing-masing diproduksi 50 unit dan dilepas ke pasar dengan harga USD6.000. Sekarang, seorang kolektor harus merogoh kocek hampir USD10.000 untuk membelinya di ebay.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6607 seconds (0.1#10.140)