Label Favorit Ikon Negara

Minggu, 05 Juli 2015 - 10:17 WIB
Label Favorit Ikon Negara
Label Favorit Ikon Negara
A A A
Berbusana bagi ibu negara bukan sekadar mengenakan pakaian, sekaligus merepresentasikan diri. Beberapa label atau desainer yang mewakili signature sang ibu negara pun masuk dalam daftar favorit.

Apa saja? Dimulai dari Michelle Obama, ibu negara Amerika Serikat yang tak hanya mengenakan karya dari desainer, juga label high street. Dari kalangan desainer, Michelle termasuk sering menggunakan busana dari Isabel Toledo. Isabel Toledo membuat gaun laceserai wol dilapisi dengan sutra putih untuk Michelle Obama pada hari pelantikan.

Michelle Obama sebelumnya mengenakan Isabel Toledo selama kampanye yang berupa tunik hitam dan celana palazzo. Kemudian yang sering terlihat, Michelle juga kerap memakai tampilan fashiondari desainer Jason Wu. Perancang berusia 27 tahun kelahiran Taipei ini pernah membuat gaun one shoulder berbahan sifon dengan palet gading yang sempat dikenakannya di pesta pelantikan.

Gaun tersebut ditutupi dengan aplikasi organzadan kristal Swarovski. Wu, yang diyakini desainer favorit Nyonya Obama, telah digambarkan sebagai versi muda dari desainer Oscar de la Renta. Wu pernah membuatkan gaun sutra dengan bordir mawar buatan tangan untuk kesempatan wawancara dengan Barbara Walters.

Narciso Rodriguez, desainer berdarah Kuba-Amerika, juga merupakan satu di antara desainer favorit Obama. Dia sempat menciptakan gaun merah dan hitam terkenal yang dikenakan Michelle pada malam pemilihan, selain dua pakaian perdana yang dikenakan Michelle Obama. Selain desainer, ada pula beberapa label high-streetyang jadi favorit ibu negara Paman Sam tersebut.

Di sebuah acara Michelle turut mengenakan gaun polkadot dari label H&M seharga USD34,95 atau setara Rp465.000. Bukan pertama kalinya dia memilih desain H&M. Pada masa-masa kampanye Michelle pernah mengenakan gaun dengan garis-garis dipadu ikat pinggang hitam tebal yang terkenal bagian dari tampilan DNA dirinya yang katanya membuat dia tampak lebih mudah bersosialisasi dengan banyak perempuan Amerika.

Label J Crew juga jadi andalan Michelle. Dalam sebuah acara The Tonight Showdengan Jay Leno mengungkap kegilaannya berbelanja di J Crew di mana saat acara dia juga mengenakan busana label tersebut yang seharga USD340 atau setara Rp4,5 juta. Sebagai hasil dari penampilannya itu situs toko memiliki 64% peningkatan lalu lintas belanja dari pelanggan baru.

Hal yang sama terjadi selama kunjungan London. Ketika itu Michelle memakai cardingan“kristal konstelasi” J Crew seketika melalui onlinekoleksi seri tersebut habis terjual. Sementara itu, Ibu Negara China Peng Liyuan menerima perhatian dunia tidak hanya untuk pakaian, juga untuk kebaikannya akan kegiatan selama kunjungan negara dengan Presiden Xi Jinping.

Dalam hal fashion, Peng Liyuan pun punya desainer dan label favorit. Label pakaian custom-madeException berada di urutan pertama label favorit Peng Liyuan. Dimulai saat Peng Liyuan membuat debut diplomatiknya setelah kedatangannya di Moskow, dia mengenakan mantel biru gelap, syal sutra pirus bercahaya dengan tas yang senada, industri fashionChina langsung mendapat dorongan.

Sebuah laporan di China Business News mengatakan, Peng mengenakan jaket dan tas yang dibuat oleh Exception de Mixmind, merek teratas yang berbasis di Guangzhou. Merek Exception tumbuh terus, tapi kurang terkenal di media hingga paparan publik mencuat karena pengaruh Peng Liyuan.

“Sekarang Exception makin dikenal, terutama di kalangan konsumen muda, Exception telah mengincar pasar internasional, termasuk New York, Paris, London, dan Tokyo, untuk memperluas pengakuan internasional dari estetika mode Timur,” kata Mao Jihong, Presiden Mixmind Art & Design, pemilik Exception dikutip dari sebuah situs China.

Dari merek perhiasan, Zhejiang Ruans Pearl Co sempat menciptakan hadiah negara Peng Liyuan selama kunjungan luar negeri dengan Presiden Xi Jinping. Peng menyumbangkan kotak hadiah mutiara untuk Yayasan Perempuan dan Pembangunan di Tanzania. Peng juga mengenakan sepasang anting-anting mutiara dari Ruans selama perjalanan ke Rusia dan Afrika.

Adapun dari desainer Liyuan memiliki desainer favorit lokal berdarah campuran China dan Amerika, yaitu Phillip Lim. Gaya Peng Liyuan dalam fashionmemang terkadang glamor, tapi pakaiannya, sering menghindari label asing populer di China. “Saya amat lega dan senang, tentunya orang-orang cukup tahu tentang apa yang dilakukan,” kata Lim seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Di Indonesia, ibu negara Iriana Joko Widodo mungkin baru menjadi perhatian publik. Mencerminkan nilai tradisional dan budaya Indonesia, Iriana kerap mengenakan kebaya kutu baru yang sederhana atau baju kurung di berbagai kesempatan kenegaraan. Ikon fashion seperti putri dan ratu dunia juga memasukkan deretan desainer dan label tertentu dengan ciri signature stylemereka.

Dua di antara ikon fashionyang kuat identitas gayanya adalah Kate Middleton, putri dari Kerajaan Inggris dan Letizia, ratu dari Spanyol. Ratu Spanyol Letizia yang baru dilantik pada 2014 terus mendapat perhatian. Tampilannya juga sering menggabungkan antara high fashion dengan affordable brands, hampir mirip seperti yang dilakukan Kate Middleton.

Dia pernah terlihat berbelanja di Zara dan Mango, termasuk juaranya Spanyol high-street fashion,seperti Felipe Varela dan Lorenzo Caprile. Hingga kadang gaya busananya juga memiliki personal style modern chicyang sangat relevan untuk para perempuan.

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6024 seconds (0.1#10.140)