Nikmati Manis & Lezatnya Bubur Sagu Mutiara

Senin, 06 Juli 2015 - 16:40 WIB
Nikmati Manis & Lezatnya Bubur Sagu Mutiara
Nikmati Manis & Lezatnya Bubur Sagu Mutiara
A A A
JAKARTA - Dalam menjalani bulan puasa, takjil biasanya selalu hadir dan identik dengan makanan manis, seperti kolak, es buah, dan yang lainnya.

Dalam menyiapkan takjil atau makanan buka puasa biasanya menjadi rutinitas ibu rumah tangga untuk anggota keluarga dirumah. Berikut resep mudah Bubur Sagu Mutiara yang dilansir dari Epicurious. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
6 ¼ gelas air biasa
Air dingin
1 cangkir sagu mutiara
1 lembar daun pandan
110 gram gula merah yang telah diparut atau dihancurkan
400 ml santan kental
Garam secukupnya

Cara membuat:
Didihkan 6 gelas air sampai mendidih dalam panci besar, kemudian tambahkan sagu mutiara. Aduk rata hingga mendidih dan sagu mutiara bertekstur lembut, kurang lebih selama 5 menit dengan api kecil. Setelah matang, matikan api, angkat panci, dan diamkan sebentar agar uap panas hilang.

Tuangkan air dingin (kurang lebih 3 gelas) ke dalam panci berisi sagu mutiara, kemudian tiriskan dengan menggunakan saringan besar. Letakkan sagu mutiara dalam mangkuk besar, tambahkan kembali air dingin agar tidak lengket. Kemudian Tiriskan lagi dan bilas dengan air bersih.

Untuk sirup: robek daun pandan dan bentuk menjadi sebuah simpul. Didihkan pandan dengan gula dan sisa ¼ gelas air dalam panci kecil, aduk sampai gula larut dan agak mengental, sekitar 5 menit. Buang pandan dan tuangkan sirup melalui saringan halus ke dalam mangkuk kecil. Dinginkan dalam suhu ruangan.

Untuk santan: ambil panci, masukkan santan kental, kemucian didihkan dengan api sedang. Sambil sesekali diaduk, tambahkan garam secukupnya sebagai perasa. Jika sudah mendidih, angkat dan diamkan sebentar.

Sajikan sagu mutiara dalam mangkuk kecil, siram dengan sirup gula merah dan santan kental diatasnya. Anda juga bisa mendinginkannya terlebih dahulu di dalam lemari es untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7034 seconds (0.1#10.140)