Praktis di Dapur Jelang Lebaran

Jum'at, 10 Juli 2015 - 10:33 WIB
Praktis di Dapur Jelang Lebaran
Praktis di Dapur Jelang Lebaran
A A A
Guna meminimalkan kerepotan menjelang Lebaran, ada kiatnya tersendiri. Membuat kue Lebaran misalnya, siapkan waktu seminggu sebelum Idul Fitri tiba. Waktu satu minggu sebelum Lebaran tepat untuk menyiapkan aneka kudapan kue kering Lebaran.

Ada banyak kue yang bisa dibuat, nastar, kastangel, sagu keju, putri salju, dan lain-lain. Buatlah secukupnya untuk sajian Lebaran keluarga Anda. Kue-kue kering Lebaran ini biasanya tahan beberapa lama sehingga tak masalah Anda membuatnya seminggu sebelumnya.

Sekarang ada banyak inovasi kue kering, resepnya bisa Anda temukan di internet. Sementara, untuk berbelanja daging dan keperluan memasak lainnya, bisa dilakukan saat H-3. Mengingat acap kali waktu mendekati Lebaran digunakan untuk membersihkan rumah. Karena itu, sebaiknya memang berbelanja keperluan Lebaran dilakukan beberapa hari sebelumnya.

Bahan masakan seperti daging bisa disimpan terlebih dahulu di freezer sehingga pada malam takbiran Anda bisa memasaknya dan sudah siap disantap pada pagi harinya saat Lebaran. Jika tak ingin repot, terlebih asisten rumah tangga akan mudik, Anda bisa memintanya untuk membuat aneka masakan, mulai opor ayam hingga rendang dan simpan dalam freezer .

Ini bisa dilakukan beberapa hari menjelang Lebaran. Pastikan saja proses penyimpanan dilakukan dengan benar sehingga masakan tidak cepat basi. Ketika Lebaran tiba, Anda bisa memanaskan segala makanan yang disimpan di freezer . Termasuk untuk memasak ketupat, bisa dilakukan tiga hari sebelum hari H dengan menyimpannya di kulkas setelah matang.

Saat hari H, ketupat tinggal dihangatkan lagi untuk disajikan sehingga lebih praktis dan tidak membuat ibu kacapekan memasak saat momen Lebaran. Adapun untuk kue kering, simpanlah di toples yang cantik. Segera setelah kue kering usai dibuat dan dingin, simpan di toples-toples yang akan disajikan saat Lebaran nanti.

Selanjutnya, simpan di lemari terlebih dahulu. Baru kemudian saat hari H, susun rapi di meja ruang tamu ataupun ruang keluarga. Dengan kiat yang tepat, Anda dapat meminimalkan kerepotan yang biasa terjadi menjelang Lebaran.

sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6261 seconds (0.1#10.140)