5 Destinasi Wisata Favorit Wajib Dikunjungi di Jawa Timur

Jum'at, 10 Juli 2015 - 14:22 WIB
5 Destinasi Wisata Favorit...
5 Destinasi Wisata Favorit Wajib Dikunjungi di Jawa Timur
A A A
SURABAYA - Jika Anda berencana mudik ke Jawa Timur, berikut adalah 5 tempat wisata yang paling direkomendasikan. Mulai dari wisata kota, museum, trekking di gunung, wisata pantai, theme park, hingga melihat satwa liar langsung di habitatnya yang dikutip dari Skyscanner.

1. Surabaya City Tour

Surabaya memiliki banyak hal menarik untuk dijelajahi. Untuk wisata kuliner, Anda bisa kunjungi Jalan Kedung Doro. Di sini Anda bisa mencicipi rujak cingur dan lontong balap. Kuliner lain yang terkenal adalah Rawon Setan di Jalan Embong Malang.

Sementara untuk wisata sejarah, kunjungilah House of Sampoerna, sebuah museum pribadi milik keluarga HM. Sampoerna. Museum ini juga menyediakan bis wisata gratis yang mengelilingi area kota lama Surabaya. Untuk wisata pantai, Anda bisa mengunjungi Pantai Kenjeran sambil menikmati matahari terbenam.

2. Taman Nasional Bromo, Tengger


Atraksi utama di tempat ini adalah sunrise tour dari Penanjakan 1. Anda bisa berangkat malam hari dari Surabaya dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan darat ke arah Probolinggo. Untuk naik ke Penanjakan, Anda harus menyewa mobil jip dengan tarif Rp350 ribu.

Selain untuk sunrise tour di Penanjakan, jip ini juga akan mengantarkan Anda ke Kawah Bromo. Anda bisa menyewa kuda dengan harga Rp80 ribu pulang pergi. Dengan tambahan biaya, Anda bisa meminta sopir jip untuk mengantar ke Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies.

3. Kawah Ijen

Taman Wisata Alam Kawah Ijen, terletak di Kabupaten Banyuwangi, sekitar 6 jam perjalanan darat dari Surabaya. Untuk melihat blue fire, Anda harus trekking selama 2 jam hingga ke puncaknya. Menariknya, blue fire hanya ada dua di dunia.

Sementara waktu terbaik mengunjungi kawah ijen adalah pagi hari. Pastikan Anda membawa perlengkapan yang memadai seperti jaket yang tebal, lampu senter dan sepatu trekking.

4. Kota Batu

Melalui jalur darat, Kota Batu dapat ditempuh 2-3 jam dari Surabaya. Kota ini merupakan kota kecil dengan hawa pegunungan yang sejuk. Anda bisa mengunjungi Jawa Timur Park 1 (theme park dengan konsep bermain sekaligus belajar), Jawa Timur Park 2 (Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park), Agro Kusuma (area agrowisata buah dan sayur), Air Terjun Coban Rondo dan Museum Angkut.

Sementara saat malam hari, Anda bisa mengunjungi Batu Night Spectacular atau bersantai di alun-alun. Hampir seluruh objek wisata di Kota Batu terletak di pusat kota, membuat Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di Situbondo, sekitar 5 jam perjalanan darat dari Surabaya dengan mobil pribadi. Pintu masuk area ini berada di pinggir jalan raya, daerah Batang. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan aktifitas hewan liar langsung di habitatnya.

Taman Nasional Baluran sering juga disebut dengan Africa Van Java, karena area utamanya padang savana yang cukup luas. Di tempat ini juga terdapat Pantai Bama. Anda bisa berinteraksi langsung dengan monyet liar yang jinak, kawanan rusa, bahkan banteng di pantai ini.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)