Black Yoghurt untuk Menu Berbuka Puasa

Minggu, 12 Juli 2015 - 09:39 WIB
Black Yoghurt untuk...
Black Yoghurt untuk Menu Berbuka Puasa
A A A
MEMILIH makanan untuk sahur dan berbuka puasa, sebaiknya yang sehat dan kaya nutrisi. Saat ini dengan tren “Black Frozen Yoghurt”, bisa menjadi menu alternatif untuk berbuka puasa.

Yoghurt adalah yang dibuat melalui . Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk . Produksi modern saat ini didominasi .

Fermentasi gula susu () menghasilkan yang berperan dalam susu untuk menghasilkan tekstur, seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer. Bukti-bukti menunjukkan bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan sedikitnya sejak 4.500 tahun lalu, sejak abad ke-3 SM.

Yoghurt awalnya kemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup di tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurtnya sendiri. Meskipun demikian, sampai sekarang belum ada bukti yang jelas siapa yang menemukan yoghurt. Yoghurt tetap menjadi makanan di , , , Eropa Tenggara dan hingga .

Teori yang belum dibuktikan oleh biologis Rusia bernama bahwa konsumsi berat yoghurtlah yang menyebabkan rentang hidup petani Bulgaria yang panjang. Mechnikov yang mempercayai penting untuk kesehatan, berusaha memopulerkan yoghurt sebagai bahan makanan di Eropa. Wiraswastawan yang bernama tertarik untuk membuat industri yoghurt.

Pada Carasso memulai yoghurt komersial di Barcelona, menamakan bisnisnya berdasarkan nama anaknya. Di Amerika Serikat, lebih dikenal dengan nama Dannon. Yoghurt dengan tambahan selai buah diciptakan untuk melindungi yoghurt dari pembusukan.

Ini dipatenkan pada oleh di. Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat.

Keasaman meningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di , untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri dan . Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakteri hidup, disebut susu fermentasi (minuman). Yoghurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas.

Yoghurt kaya protein, beberapa , dan yang penting. Yoghurt memiliki setara dengan susu yang menjadi bahannya. Yoghurt bisa orang yang terhadap karena struktur laktosa yoghurt telah dirusak oleh bakteri. Yoghurt juga kaya . Saat ini, bagi para penecinta frozen yoghurt di Jakarta, pasti tahu dengan fenomena black yoghurt. Yoghurt yang bernama yoghurt blacksakura ini konon menjadi “world’s first black frozen yoghurt” yang diluncurkan oleh Sour Sally.

Bagi yang penasaran, yoghurt black sakuraberwarna hitam karena adanya bahan naturalactivated charcoalyang mengandung grade natural activated charcoalyang telah ada selama ratusan tahun. Selain itu terbuat dari sakura blossom yang berasal rasa dan wewangian bunga sakura dari jepang yang memberikan rasa segar dan rasa buah-buahan. Natural activated charcoal tidak akan diserap dan tidak menumpuk dalam sistem pencernaan sehingga membantu menyerap racun-racun dalam sistem tubuh dan membuangnya keluar.

Mengapa mengonsumsi Charcoal adalah tren kesehatan zaman sekarang? Activated charcoalpada dasarnya adalah karbon yang sudah diuji sedemikian rupa bertujuan untuk detoks, dan memuat karbon negatif yang didukung dengan oksigen dan diproses. Activated charcoaltidak bekerja seperti itu menurut penjelasan dari seorang integrative pharmacist sekaligus CEO dari organic pharmerdi Rye, New York, Mr Michael Altman RPh.

Menurut dia, activated charcoal bekerja seperti magnet yang menarik semua racun yang ada dalam sistem pencernaan. Activated charcoalaman untuk dikonsumsi karena tidak dicerna dan diserap oleh tubuh. Dengan dikombinasikannya activated charcoal dengan yoghurt yang memiliki bakteri yang sehat, maka ini adalah kombinasi yang tepat untuk memperlancar pencernaan serta mendetoks tubuh dari racun-racun yang tidak diinginkan.

Yoghurt bisa juga dijadikan untuk alternatif saat berbuka puasa untuk mengganti varian menu berbuka puasa. Untuk Anda yang menginginkan mencari asupan yang sehat saat bulan puasa, yoghurt dapat dijadikan sebagai alternatifnya. Produk yang merupakan olahan susu yang rasanya agak sedikit asam ini bisa diandalkan sebagai menu untuk berbuka puasa karena memiliki nutrisi dan juga mengenyangkan.

Dibandingkan dengan sirup, yoghurt lebih kaya sumber energi, protein, mineral, dan juga vitamin. Bukan hanya bergizi, menambah energi, dan rasanya nikmat saja, yoghurt pun memiliki banyak sekali manfaat. Seorang ahli mengatakan bahwa minuman yang memiliki kandungan sama dengan susu itu baik juga untuk memperbaiki sistem pencernaan sehingga Anda dapat tetap sehat dan nyaman selama berpuasa.

Yoghurt juga sangat patut untuk dijadikan minuman andalan bagi ibu hamil dan anak-anak yang masih rentan mengalami konstipasi ataupun susah buang air besar. Yoghurt juga dipercaya dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit-penyakit yang berbahaya. Yoghurt dapat mengontrol gula darah sehingga sangat baik bagi penderita kencing manis.

Beberapa penelitian juga membuktikan apabila mengonsumsi yoghurt secara rutin, maka dapat menurunkan kadar hipertensi dan juga mengurangi keganasan saluran pencernaan yang bisa menimbulkan penyakit kanker. Sebagian orang mungkin merasa ragu untuk mengonsumsi yoghurt ketika berbuka puasa. Apalagi ketika perut kosong karena rasanya yang agak asam dikhawatirkan akan menimbulkan maag atau juga sakit perut. Namun, ternyata yoghurt memiliki pH berkisar antara 4-5.

Yoghurt pun masih dapat diterima perut walaupun belum terisi apapun. Yoghurt juga pantas pula dijadikan asupan berbuka puasa karena dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara. Dapat diminum sebagai pengganti kolak ataupun es sirup. Baik pula untuk dijadikan sebagai campuran buah sehingga akan semakin menyegarkan dan mengenyangkan.

Sylvania Oktyvani Usdoko
Email: [email protected] Twitter: @agnessylvn Alumni DCT and Culinary Arts Academy Switzerland
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0782 seconds (0.1#10.140)