Menggoreng Ikan

Senin, 13 Juli 2015 - 10:15 WIB
Menggoreng Ikan
Menggoreng Ikan
A A A
Untuk mendapatkan hasil ikan dengan tampilan yang menarik dan rasa yang garing, renyah, dan gurih tentu ada trik-trik tertentu yang harus dilakukan saat menggoreng.

Bagaimana caranya agar ikan goreng terasa lebih garing dan renyah, ini dia tipsnya: 1. Untuk menggoreng ikan mas atau gurame ukuran besar, agar hasil gorengan ikan menjadi matang merata dengan kulit ikan tetap utuh, bungkus badan ikan dengan daun pisang hingga permukaan ikan sepenuhnya tertutupi.

Kemudian goreng ikan yang sudah terbungkus daun pisang itu ke dalam minyak panas yang banyak. Jangan khawatir, ketika ikan kering, maka daun pisang itu pun akan lepas dengan sendirinya, yang artinya ikan pun siap diangkat. 2. Untuk menggoreng ikan dengan ukuran sedang dan kecil, gunakan cara sederhana, yakni panaskan dahulu wajan untuk menggoreng ikan.

Setelah wajan panas, baru kemudian tuangkan minyak goreng. Setelah minyak goreng panas, barulah kemudian masukkan ikan. Pastikan permukaan ikan kering pada sisi yang menempel pada minyak, sebelum kemudian di balik untuk mengeringkan sisi lainnya.

Jangan dibolak-balik terus karena akan membuat tubuh ikan menjadi rusak atau remuk. 3. Untuk menggoreng gurame terbang, terlebih dahulu kerat badan ikan di bagian perut hingga punggung. Jangan sampai tubuh ikan menjadi putus karena terlalu dalam membelah.

Kemudian ikat bagian itu dengan benang bola (benang putih yang biasa untuk menjahit kasur) agar hasilnya setelah matang, ikan menjadi merekah. Goreng dengan minyak sedang (tak terlalu panas) dengan volume yang banyak supaya badan ikan bisa tenggelam seluruhnya pada kubangan minyak goreng.

Setelah ikan merekah dan matang, angkat kemudian tiriskan agar minyaknya sedikit berkurang. 4. Untuk menggoreng ikan jenis ikan duri lunak yang rentan hancur ketika digoreng, tipsnya supaya tidak terjadi demikian adalah dengan cara mencelupkan seluruh badan ikan ke dalam adonan telur terlebih dahulu sebelum menggorengnya.

Dengan begitu, selain rasanya akan lebih enak, tubuh ikan pun tidak akan menjadi remuk karenanya.

Novi
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7084 seconds (0.1#10.140)