Masakan Autentik Jepang

Selasa, 21 Juli 2015 - 08:47 WIB
Masakan Autentik Jepang
Masakan Autentik Jepang
A A A
CITA rasa autentik masakan Jepang selalu menjadi kelezatan tersendiri bagi para penikmatnya. Itulah yang ingin disajikan Miyama Japanese Restaurant di Hotel Borobudur Jakarta.

Sajian masakan Jepang tersebut tersaji atas keterampilan Chef Tomohiko Omoridari Fukuoka, sebuah tempat yang terkenal karena hidangan tradisional Jepang berkualitas tinggi. Indira Puliraja, Assistant Public Relations Manager Hotel Borobudur Jakarta, menyebutkan , restoranyang terletak di lantai 3 hotel ini memiliki empat ruang tatami room, private room, private teppanyaki counter , teppanyaki counter, sushi counter , dan bar counter .

Desain interior restoran pun didesain dengan apik. Kertas dinding bermotif embos kaligrafi Jepang, serta para pelayan berseragam kimono menciptakan suasana Jepang yang sangat kental. Para tamu bisa memilih beberapa pilihan hidangan pembuka khas Jepang, di antaranya kinoko hair yaki, jamur yang dipanggang dengan saus miso dan sashimi ikan mentah yang dinikmati bersama kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Pilihan lainnya, yakni hiyayakko tofu , tahu dingin yang disajikan dengan jahe parut, serta hiyashi cuka wakame , rumput laut lembut dengan saus wijen. ”Hidangan pembuka ala Jepang, biasanya memiliki rasa asam, pedas, dan sedikit asin. Hal tersebut berfungsi menggugah selera makan seseorang,” ujar Rusman, Restaurant Supervisor Miyama Japanese Restaurant di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (13/7).

Jika selera makan sudah mulai tergugah, maka direkomendasikan menyambangi live station . Di tempat ini para tamu bisa melihat atraksi para koki yang lincah membolak-balikkan campuran daging, sayuran, dan seafood di wajan datar. Para tamu juga bisa menikmati berbagai hidangan seperti teppanyaki, robotayaki ataupun sukiyaki.

Menurut Rusman, teppanyaki merupakan menu makananyang menjadi favorit para tamu. Teppanyaki yang disajikan diMiyama ada beberapa jenis, di antaranya unkai kobe dari daging sapi kobe , unkai wagyu dari daging sapi wagyu dan Fuji dari daging sapi has dalam atau luar.

Di counter teppanyaki , para tamu bisa menikmati daging-daging tersebut ditumis sesuai dengan tingkat kematangan yang dipilih. Setengah matang maupun matang memberikan daging lembut nan juicy namun garing. Daging-daging tersebut dimasak bersama aneka hidangan laut, di antaranya udang cumi, scallop, serta sayur-sayuran seperti taoge, potato, dan sweet potato .

”Bumbu yang digunakan saat memasak teppanyaki pun cukup sederhana yaitu garam, merica dan soyu atau kecap asin,” kata Rusman. Teppanyaki ini makin nikmat ketika disantap dengan sup, salad, serta tiga jenis pilihan saus celup, di antranya ponzu sauce, peanut sauce , dan steak sauce . ”Ponzu cocok untuk seafood , saus kacang untuk sayuran, sementara itu steak sauce untuk dagingdagingan,” tambah Rusman.

Sushi yang dihidangkan juga tak kalah nikmat karena menggunakan bahan yang masih segar dan berkualitas. Tidak heran rasa sushi di tempat ini sangat lezat dan nikmat. Sushi yang disajikan, di antaranya rainbow maki yang terdiri dari ikan salmon, tuna, nasi, alpukat, dan saus mayonaise yang berwarna-warni.

Ada pula ebi mayo maki , yaitu udang goreng yang digulung dengan nasi serta disajikan dengan saus mayonaise . Selain teppanyaki dan sushi , yanagawa juga bisa menjadi alternatif untuk hidangan utama. Yanagawa yang disajikan di Miyama ada beberapa macam, di antaranya yanagwa chicken, yanagwa mix seafood, yanagwa lobster , yanagawa wagyu, dan yanagawa eel .

”Secara umum, yanagawa adalah masakan khas Jepang berupa olahan daging belut, daging sapi ataupun seafood yang dimasak bersama kaldu ikan serta irisan bunga teratai lembut. Setelah daging-daging mulai matang, maka ditambahkan kocokan telur ayam,” kata Rusman. Apabila para tamu ingin sajian steak yang cukup unik, maka jyu jyu steak selection adalah pilihan yang tepat.

Steak ala Jepang ini disajikan dalam jyu jyu atau batu panas sehingga menghasilkan kematangan daging yang sempurna. ”Ada beberapa pilihan menu jyu jyu steak selection, di antaranya jyu jyu kobe, jyu jyu wagyu, jyu jyu rib eye, dan jyu jyu seafood ,” sebut Rusman.

Dwi nur ratnaningsih/ Sali pawiatan
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4271 seconds (0.1#10.140)