Cantik dengan Smoothies

Selasa, 21 Juli 2015 - 08:47 WIB
Cantik dengan Smoothies
Cantik dengan Smoothies
A A A
BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit cerah bersinar. Bukan hanya dengan melakukan perawatan dari luar, juga dari dalam. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi smoothies.

Menurut spesialis gizi dr Stella E Bella MGizi SpGK, hal yang paling penting dilakukan untuk membuat kulit cantik adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, serat, dan mineral. ”Makanan harus dengan gizi seimbang. Jadi, sumber-sumber seperti karbohidrat, protein, serat, dan air itu bergantian, jangan dikurangi. Kalau kurang, kulit akan kering, dehidrasi juga,” ujar dr Stella.

Selain itu, ada jenis-jenis makanan yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit, di antaranya makanan laut, gandum, kacangkacangan yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan asam lemak Omega-3 yang kaya nutrisi. “Zat-zat tersebut mampu melindungi kulit dengan membentuk membran kaya cairan pada kulit,” kata dr Stella.

Selain sumber-sumber makanan di atas, tubuh juga membutuhkan sumber lain, seperti zinc, yang berfungsi memperbaiki struktur kulit. Jika hal-hal tersebut tidak dapat dipenuhi, maka kulit akan kering. ”Anda juga bisa mengonsumsi smoothiesdengan berbagai campuran buah dan sayur untuk mendapatkan tampilan kulit yang cerah,” papar dr Stella.

Sementara itu, Kimberly Snyder, ahli gizi Hollywood, mengatakan pada dasarnya jus dan smoothieshampir sama, yaitu minuman yang berasal dari buah ataupun sayur. Namun yang membedakan adalah proses dan tekstur akhir. Jus adalah cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan sari buah atau sayur, sedangkan smoothies adalah bubur buah atau sayur.

Artinya semua bahan dimasukkan ke dalam blender , kemudian diproses hingga halus. “Smoothies biasanya memiliki tekstur yang kental, creamy,dan lebih membuat perut kenyang,” kata Snyder, seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.

Dalam bukunya, The Beauty Detox Foods, Snyder menyarankan mengonsumsi bahan makanan yang tinggi mineral dan serat untuk mendapatkan tampilan kulit cerah dan sehat. “Kecantikan yang sebenarnya berasal dari dalam dan luar tubuh. Banyak klien saya yang kulitnya terlihat lebih bercahaya setelah mengonsumsi makanan sehat hanya dalam tiga hari,” tutur Snyder.

Menurut Snyder, hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh kulit cantik adalah dengan mengonsumsi glowing green smoothies. Minuman yang juga menjadi minuman favorit Drew Barrymore, Olivia Wilde, Owen Wilson, dan Vince Vaughn ini berasal dari perpaduan bahan-bahan alami seperti daun selada romaine, seledri, bayam, apel, pir, pisang, dan jus lemon. ”Setiap pagi saya selalu mengonsumsi glowing green smoothies dengan berat 32-40 ons,” ujar Snyder.

Snyder juga menyarankan beberapa buah dan sayur yang bisa ditambahkan ke dalam smoothiesuntuk menjaga kecantikan kulit. Beberapa buah dan sayur tersebut, di antaranya potongan buah nanas karena dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, biji rami untuk meningkatkan produksi asam lemak esensial, dan alpukat yang kaya vitamin C, E, dan K.

Mengonsumsi pisang juga bisa menjadi solusi untuk menghindari lingkaran di bawah mata. Itu karena pisang tinggi kalium yang dapat membantu mengatur kadar cairan di bawah kulit. “Jika klien saya menderita jerawat, maka saya menyarankan untuk mengonsumsi yoghurt kelapa,” ujar Snyder.

Snyder mengatakan detoksifikasi tubuh untuk mendapatkan kulit sehat adalah program jangka panjang yang harus dilakukan secara terus menerus. “Program my beauty detoxadalah suatu gaya hidup jangka panjang yang berbeda dengan program diet. Saya berbicara tentang detoks sebagai prinsip-prinsip yang Anda lakukan secara berkelanjutan. Saya selalu menekankan kemajuan, bukan kesempurnaan,” kata Snyder.

Untuk menjaga kulit tetap cerah selama proses detoksifikasi, Snyder menyarankan untuk melakukan diet soda dan makanan olahan. Dia menjelaskan bahwa minuman soda sering mengandung bahan-bahan yang dapat memicu kulit menjadi kusam dan timbulnya jerawat.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5744 seconds (0.1#10.140)