Ringo Starr Lelang Jaket Rp600 Juta

Senin, 27 Juli 2015 - 08:53 WIB
Ringo Starr Lelang Jaket Rp600 Juta
Ringo Starr Lelang Jaket Rp600 Juta
A A A
JAKET wol hitam yang digunakan Ringo Starr dalam film The Beatles, Help!, pada 1965 berhasil dijual dengan harga USD46.500 atau sekitar Rp600 juta. Jaket itu dijual dalam acara pelelangan di Boston, beberapa waktu lalu.

Jaket dengan motif garis abuabu tipis yang memiliki enam kancing, serta nama “Ringo” dijahit di bagian dalam jaket ini terjual kepada salah satu kolektor barang-barang rock n roll terbesar di Rhode Island. Pihak pelelangan Marvels of Modern Music mengonfirmasi pembeli jaket merupakan salah satu kolektor barang-barang selebriti rock legendaris.

Namun, pihaknya menolak untuk menyebutkan nama dari orang yang membeli jaket tersebut. Sebelumnya para personel The Beatles pernah juga melelang cape. Livingston, salah satu perwakilan dari rumah lelang tersebut, mengatakan generasi Baby Boomers sangat mencintai rock n roll dan mereka sangat mencintai barang kenang-kenangan yang berbau rock n roll.

“Ini merupakan pertama kalinya kita bisa melihat barang-barang the Beatles yang ada di film dengan warna (sebelumnya film tersebut masih diproduksi hitam putih),” ujarnya. Livingston merasa senang karena jaket tersebut bisa terjual sesuai target yang diperkirakan. Harga jual dari barang-barang yang bisa dikategorikan sebagai barang antik ini memang tidak murah.

Para pengunjung yang memiliki uang lebih saja yang mampu memiliki barang-barang antik tersebut. Di acara lelang tersebut, beberapa barang musisi legendaris lainnya juga tersedia, seperti Jim Morrison, Johnny Ramone (frontman band Ramones), serta Jimi Hendrix.

Dari 500 barang-barang yang dilelang, barang milik musisi kenamaan itu menjadi barang yang paling menarik perhatian pengunjung. Barang antik milik Jim Morrison yang dijual dalam lelang tersebut adalah surat yang ditandatangani musisi legendaris ini. Diberitakan bahwa surat tersebut merupakan satu dari dua surat yang ditulis oleh Morrison saat berada di Paris pada 1971 dan merupakan kontak langsung terakhir dengan dua sahabatnya di Beverly Hills sebelum kematiannya.

Surat itu dijual dengan harga Rp156 juta Jim hanya terkenal dengan Summer of Love pada 1967 sampai dia meninggal pada Juli 1971 dan dia tidak banyak menulis. “Dia memiliki jurnal yang dia tulis, tapi tidak banyak mengirimkan banyak surat,” kata Livingston. Adapun untuk barang-barang berkaitan dengan genre punk-rock adalah barang yang paling laku dalam lelang tersebut.

Diperkirakan hal tersebut terjadi karena orang-orang yang hidup pada masa kejayaan musik punk-rock telah menjadi orang-orang yang memiliki uang lebih. Barang-barang dari band Ramones, the Clash, serta Sex Pistols adalah beberapa barang yang laku keras. Salah satunya gitar milik gitaris band Ramones, Johnny Ramone, yang terjual dengan harga USD50.000.

Fatturahman Hakim
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5276 seconds (0.1#10.140)