Eksplorasi Sepatu Klasik

Rabu, 29 Juli 2015 - 08:38 WIB
Eksplorasi Sepatu Klasik
Eksplorasi Sepatu Klasik
A A A
Pekan adibusana atau haute couture tak hanya spektakuler dari sisi busana. Aksesorinya seperti sepatu pun kerap mencuri perhatian. Pada haute couture fall/winter 2016 lalu pun berbagai rumah mode memperkenalkan ideide baru sepatu.

Tak lagi didominasi dengan kesan sportyataupun alas kaki datar, hadir rancangan yang kaya eksperimen dengan kolaboratif antara satu jenis sepatu dengan ciri penggunaan aksen di sepatu lainnya. Jenis sepatu yang muncul pada peragaan Dior dengan suasana tropis seperti di rumah kaca kali itu hadir dalam pencocokan gaun putih yang mengalir jatuh atau dengan jubah dan tampilan bulu mewah, ataupun rok tulip yang mengambang berpadu sebuah block heelsyang dengan tinggi tebal.

Uniknya jenis block heelsikut dikombinasikan dengan ciri khas yang biasa ditemukan pada jenis gladiator sandal. “Raf Simons, sang direktur kreatif kembali mengunjungi banyak idenya,” tulis Jessica Bumpus, penulis mode di telegraph.co.uk. Meski di antaranya memang Simons mengunjungi kembali banyak idenya, di mana dia memang tertarik dengan sesuatu yang baru.

Namun, estetika Dior yang sangat dipengaruhi sejarah masa lalu tetap dihadirkan. Tentunya jenis block heelsdan gabungan desain gladiator ini amat berbeda dari sepatu couturesebelumnya yang tampilan berupa vinyl bootsdi mana bagian heelsdi belakang memiliki bentuk kotak seperti kubus dan ada kristal di bawahnya, juga tampilan melengkung uniknya.

Elie Saab memang tak pernah gagal dengan gaun negeri dongengnya, sepatu berwarna emas dengan detail menarik pun memiliki tambahan tali dan block heelstak terlalu tinggi. Pada dua musim sebelumnya, model yang memperagakan terlihat dengan gaya lebih membumi, lewat sandal satin datar dan block heels. Jenis alas kaki tersebut memberi Saab biasanya membuat gaun manis bak peri di negeri dongeng dengan langkah gontai yang lebih santai di alas kaki.

Dahulu dominasi sepatunya banyak hadir di jenis stiletto. Maison Margiela, desainer John Galliano, membawa sisi flamboyan dan musim ini tampak agak rumit di rancangan sepatunya. Ada banyak tali dan ornamen, termasuk juga memainkan warna. Kemudian Chanel Tampak begitu ingin fokus dan terlihat seragam lewat satu tampilan sepatu pada musim couture sekarang, yakni punya tambahan aksen seperti ujung kerah berpalet hitam yang terkesan elegan.

Feminin sebagai ciri lain sepatu haute couturemusim ini ada dari Ralph & Russo, berupa heelsruncing dan ornamen emas di sepatunya yang menambah kecantikan. Juga disuguhkan Giambattista Valli yang bermain pada bentuk gelombang di pinggiran sepatu, sepatu runcing dengan heelsbentuk stilettoini juga menempatkan aksen tali pengait.

Selain pembaruan desain yang diungkap label di atas. Tampilan sepatu dari Valentino masih sama dengan sebelumnya, yakni berupa sandal gladiator yang mencapai betis. Kemudian ada Versace, label asal Italia lewat bootsberbahan seperti plastik di palet warna, disesuaikan dengan busananya.

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5383 seconds (0.1#10.140)