Bukan Makanan Sekolah Biasa

Rabu, 29 Juli 2015 - 08:38 WIB
Bukan Makanan Sekolah Biasa
Bukan Makanan Sekolah Biasa
A A A
Berawal dari sebuah katering kecil dengan kemasan kotak makan, School Food Blooming Mari menjelma menjadi restoran Korea populer yang digemari kawula muda pencinta Kpop.

Kehadiran School Food Blooming Mari makin meramaikan kuliner khas negeri ginseng yang ada di Jakarta. Tentunya restoran Korea yang berada di Lotte Shopping Avenue ini mempunyai cerita tersendiri yang membedakannya dengan restoran Korea lain. Namanya yang cukup unik, School Food, atau makanan sekolah ternyata ada historisnya.

“Sebenarnya restoran ini berawal dari katering kecil untuk para artis Korea. Makanan tersebut ditempatkan di kotak makan seperti yang biasa dibawa sebagai bekal ke sekolah. Seiring waktu sang pemilik katering memutuskan membuka restoran dengan nama School Food yang terinspirasi dari kotak makan tadi,” papar Kurnia Jaya Ginting, yang menjabat manajer restoran kepada KORAN SINDO.

Lebih lanjut, Kurnia mengatakan, untuk menu yang ditawarkan beberapa di antaranya merupakan makanan pinggir jalan yang dipopulerkan lewat dramadrama Korea. Kalau singgah ke sini pastikan Anda mencoba Blooming Mari. Ini adalah sushi ala Korea. Benar sekali Korea juga mempunyai sushisendiri.

Tentunya dengan ciri khas berbeda. Kurnia mengatakan, umumnya sushi memakai cuka beras maka sushi ala Korea justru menggunakan mayones. Blooming Mariini tampilannya amat menggoda. Keju mozarella dengan teriyaki bulgogi, serta nasi, dibalut dengan telur yang ditata apik. Sushilain adalah spam mari 2, kalau yang ini juga dibungkus dengan keju mozarella dan telur.

Jangan salah, Korea juga mempunyai ramen yang disebut ramyon . Di sini yang terkenal adalah chicken curry ramyon . Ramen kari ayam dengan kuah yang kental dan daging ayam di atasnya. “Bumbunya kami buat sendiri. Ciri khasnya cukup kental dan berwarna kecokelatan,” tutur Kurnia. Ada bawang putih goreng dan negi di atasnya. Menu ini juga tampil dalam versi udon.

Kembali kepada selera mau pilihan mi yang seperti apa. Jjangachi ramyon juga juara, yang ini cocok bagi si penyuka pedas. Ramen -nya sendiri memiliki tekstur lembut dengan bumbu spesial. Beralih ke menu daging. Galbi abubab pantas dicoba. Ditempatkan di sebuah hot plate sehingga masih ada kepulan asap tipis ketika dihidangkan.

Aromanya sangat harum, membuat selera langsung terbit. Galbi sendiri artinya merangkul atau menutup, jadi di sini maksudnya nasi yang ditutup dengan daging. Omelet rice with shrimp menu berikut yang dicoba. Ada potongan wortel, bawang bombai, sosis ayam, dan kacang polong.

Semuanya ditumis lalu ditutup dengan telur dadar yang praktis menutup semua permukaan nasi di bawahnya. Versi omelet rice lain disajikan dengan beef burger steak . Kali ini yang disajikan adalah nasi goreng yang ditutup dengan telur dadar dan beef burger steak sebagai topping -nya. Nah, sebelum masuk ke hidangan berat sebenarnya ada makanan ringan yang perlu Anda coba.

Pokoknya belum afdal ke restoran Korea kalau belum mencicipi makanan ini. Apalagi kalau bukan topokki . Pedas? Sudah pasti. Karena itu, hati-hati bagi yang alergi dengan pedas. Tidak disarankan mencoba menu ini. Memang, dibanding dengan topokki di restoran lain, topokki ala School Food Blooming Mari ini terbilang cukup pedas.

Topokki yang disajikan di restoran lain malah cenderung manis. Hidangan ini terbuat dari beras ketan dan warnanya merah yang membuatnya makin terasa pedas. Saus topokki ini dasarnya adalah saus marinara . Itulah yang membuatnya berwarna merah. Kimchi mari noodle, bibimbab, grilled spam fried rice, bulgogi deab bab , dan beef butter bibimbap adalah beberapa menu lain yang ditawarkan.

Tampak makanan tradisional Korea-bibimbap-juga tak luput dari modifikasi yang dilakukan. Adapun untuk minuman, tempat ini punya beberapa koleksi minuman yang diandalkan. Cotton strawberry athie misalnya, yaitu potongan buah stroberi dalam minuman dengan air soda.

Ruby orange athie , yakni paduan jeruk california dan buah anggur. Sementara fine blue athie minuman segar yang merupakan campuran nanas, perasa jeruk, dan blue curacao.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3961 seconds (0.1#10.140)