Greek Yoghurt Camilan Sehat

Minggu, 02 Agustus 2015 - 10:04 WIB
Greek Yoghurt Camilan Sehat
Greek Yoghurt Camilan Sehat
A A A
Kebanyakan orang makan yoghurt sebagai salah satu camilan. Yoghurt merupakan produk yang sangat serbaguna dan dapat dimakan langsung dari karton, atau bahkan dapat dikombinasikan dengan beberapa hidangan atau untuk salad dressing.

Yoghurt kaya probiotik dan dianggap sebagai salah satu camilan yang paling sehat. Namun, sekarang yang menjadi perhatian adalah greekyoghurt. Greekyoghurt atau strained yoghurt, yoghurt cheese, LABNEH, süzme yoghurt (in Turkey), adalah yoghurt yang disaring untuk membuang cairan pada yoghurt (whey) sehingga menghasilkan yoghurt dengan tekstur kental seperti krim atau keju.

Rasanya asam khas yoghurt. Greekyoghurt bisa disantap begitu saja atau dimasak, serta bisa dijadikan hidangan gurih atau manis. Greekyoghurt pun bisa menjadi alternatif mentega yang lebih menyehatkan. Greekyoghurt berarti yoghurt dalam bahasa Yunani. Padahal, di negara tersebut sebagian yoghurtnya tidak disaring. Yoghurt kental ini juga menjadi makanan pokok di banyak negara selain Yunani.

Sebenarnya, greek yoghurt menjadi sebutan populer untuk yoghurt saring karena merek yoghurt asal Yunani, Fage, sukses memasarkannya. Untuk membuatnya, yoghurt biasanya dimasukkan ke kain kasa dan digantung selama beberapa jam. Di bawahnya terdapat panci untuk menampung tetesan cairan whey.

Bisa juga dengan meletakkan sangku nasi berlapis kain kasa ke dalam baskom. Lalu yoghurt dituangkan ke dalam kasa dan sangku. Tutup sangku dengan piring, lalu tempatkan semuanya di kulkas. Biarkan selama beberapa jam. Keunggulan greek yoghurt dibandingkan dengan yoghurt plain biasa(menurut US News):

Proteingreek yoghurt mengandung protein lebih banyak daripada yoghurt biasa. 200 gram greekyoghurt mengandung 20 gram protein, sementara 200 gram yoghurt biasa sekitar 11-13 gram. Kandungan protein tinggi pada greekyoghurt bisa untuk menangkal rasa lapar sehingga menjadi favorit bagi orangorang yang sedang mengatur berat tubuhnya.

Karbohidrat greekyoghurt mengandung karbohidrat lebih sedikit daripada yoghurt biasa. Ini bermanfaat bagi orang-orang yang sedang mengatur asupan karbohidratnya. Kalsium yoghurt biasa mengandung kalsium tiga kali lebih banyak daripada greek yoghurt. Namun, kedua jenis yoghurt tersebut tetap merupakan sumber kalsium yang hebat.

Kalori greekyoghurt dan yoghurt biasa jika keduanya berjenis plainyang nonfat, memiliki kandungan kalori yang sama per jumlah sajinya. Namun, jika kedua jenis yoghurt tersebut ditambahkan gula, maka akan menambah kandungan kalorinya secara signifikan. Sodium greekyoghurt memiliki setengah kandungan sodium lebih besar daripada yoghurt biasa.

Tekstur greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut daripada yoghurt plain biasa. Manfaat dari greekyoghurt sebagai berikut. Greekyoghurt mempunyai kekuatan protein. Protein sangat penting untuk kesehatan yang baik. Sangat penting untuk pertumbuhan sel, membangun otot, dan perbaikan jaringan. Anda perlu lebih banyak protein untuk menjaga kulit sehat dan untuk melawan penyakit.

Yoghurt Yunani adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar protein sambil menghindari makanan berat seperti daging. Memiliki untuk sarapan dan tambahkan segenggam kenari dan blueberry, gunakan sebagai pengganti krim asam di atas cabai atau kentang panggang. Yoghurt yunani dikemas dengan probiotik. Ini adalah mikroorganisme seperti bakteri dan ragi.

Ini biasanya tinggal di usus, dan memiliki baik mikroorganisme dalam usus Anda membantu menjaga Anda sehat, kata Shane Griffin, seorang praktisi gizi bersertifikat dan pendiri seluruh keseimbangan hidup. Tanpa keseimbangan yang sehat, baik bakteri probiotik, terlalu banyak bakteri buruk dapat membangun dan menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh kita.

Probiotik besar untuk sistem pencernaan, dan terutama berguna untuk orang yang menderita kondisi seperti sindrom iritasi usus. Vitamin B12 diperlukan untuk energi dan fungsi otak yang sehat, serta yoghurt Yunani penuh itu. Kebanyakan orang banyak memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 ke dalam diet mereka, tetapi yoghurt yunani menawarkan alternatif yang kuat.

Vegetarian sering kekurangan B12 karena umumnya ditemukan dalam daging. Jadi, yoghurt yunani adalah cara yang baik, bebas daging untuk menambahkan lebih banyak untuk diet Anda. Yoghurt Yunani kaya asam amino yang membentuk protein. Protein adalah blok bangunan untuk regenerasi jaringan otot dan perbaikan kerusakan serat.

Tambahkan pisang atau beberapa buah untuk latihan pos gizi makan makanan ringan. Yoghurt yunani penuh yodium. Yodium penting untuk fungsi tiroid yang tepat, dan tiroid sangat penting untuk metabolisme yang sehat. Manfaat lain dari yoghurt yunani yang merupakan kunci untuk menurunkan berat badan dan kesehatan Anda secara keseluruhan adalah kandungan kalsium tinggi.

Kalsium telah dikaitkan dengan peraturan tubuh kortisol. Peningkatan kadar hormon kortisol dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak, menghambat berat badan, atau tujuan-tujuan kesehatan lainnya. Dengan memasukkan lebih banyak kalsium ke dalam diet, Anda dapat membatasi produksi lemak dalam tubuh.

Meskipun yoghurt yunani lebih tebal daripada yoghurt biasa, dan karena itu tidak begitu ”licin”, beberapa orang masih tidak peduli untuk konsistensi. Salah satu cara di sekitar itu adalah untuk memasukkan yoghurt ke dalam minuman smoothie. Bergantian, Anda dapat menggunakannya sebagai topping pada makanan lain. Gunakan sebagai pengganti krim asam di atas cabai atau kentang panggang. Anda juga bisa membuat es loli sendiri di rumah dengan membekukan yoghurt yunani dengan buah segar.

SYLVANIA OKTYVANI USDOKO
Email: agnessylvania@gmail.com
Twitter: @agnessylvn
Alumni DCT and Culinary Arts Academy Switzerland
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3832 seconds (0.1#10.140)