Mengenal Asal-Muasal Moon Cake

Senin, 03 Agustus 2015 - 08:22 WIB
Mengenal Asal-Muasal Moon Cake
Mengenal Asal-Muasal Moon Cake
A A A
MOON cake atau kue bulan adalah salah satu jenis kue khas Tionghoa yang menjadi salah satu hidangan yang wajib hadir pada perayaan Festival Musim Gugur tiap tahunnya.

Karena masyarakat yang memiliki darah nenek moyang asal Tionghoa di Indonesia tergolong banyak, kita pun masih dapat melihat hidangan yang satu ini di pasar-pasar tradisional yang menjual banyak jenis masakan khas Tionghoa di Jakarta. Apalagi kalau saat itu adalah hari perayaan Festival Musim Guguryang biasa hadir pada 15 September setiap tahun.

Asal mula dari terbentuknya kue yang memiliki bentuk yang unik dengan ukiran-ukiran manis ini bermula pada zaman di mana saat itu banyak penduduk Tionghoa yang melakukan persembahan dan penghormatan kepada leluhur saat musim gugur.

Hal tersebut biasa dilakukan masyarakat Tionghoa demi menunjukkan dan mendedikasikan rasa terima kasihnya mereka atas “rezeki” yang mereka dapatkan yang berupa bahan pangan. Memang banyak yang mempertanyakan keaslian (authenticity) dari kue bulan atau moon cakeyang dibuat di Indonesia.

Banyak yang mengatakan, rasa dari kue bulan atau moon cake yang berada di Indonesia berbeda jauh dengan rasa moon cakeyang terdapat di Tionghoa. Jelas rasanya berbeda karena tidak semua bahan yang digunakan untuk pembuatan moon cakedapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu juga, terkadang para penjual menjual sesuatu demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Maka dari itu, segala makanan yang dijual dan yang bukan merupakan hidangan khas Indonesia, tentu akan dimodifikasi rasanya agar sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Novi/okezone
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5870 seconds (0.1#10.140)