Sensasi Berenang Bareng Ikan Dewa di Cibulan

Selasa, 04 Agustus 2015 - 13:18 WIB
Sensasi Berenang Bareng Ikan Dewa di Cibulan
Sensasi Berenang Bareng Ikan Dewa di Cibulan
A A A
KUNINGAN - Tak lengkap rasanya jika ke Kuningan, belum mengunjungi objek wisata pemandian air dingin, Cibulan. Objek wisata tertua di Kuningan, Jawa Barat ini menyuguhkan dua kolam renang besar berbentuk persegi panjang.

Menariknya, disini pengunjung dapat merasakan sensasi berenang bersama ikan. Kedua kolam tersebut dihuni oleh puluhan Ikan Kancra Bodas (Labeobarbus Dournesis), atau masyarakat setempat menyebutnya ikan dewa. Ikan-ikan ini tergolong jinak. Dengan menggunakan jasa pawang ikan, wisatawan dapat memegang dan foto bersama ikan.

Untuk menjaga kebersihan, kolam tersebut rutin dikuras dan dibersihkan setiap satu sampai dua minggu sekali. Cibulan juga dilengkapi dengan fasilitas tempat ganti pakaian, enam kamar kecil dan dua kamar mandi.

"Rutin dikuras satu sampai dua minggu sekali. Nanti ikan-ikan ini akan pindah sendiri ke Cigugur. Pemandian juga kaya gini. Tapi pas diisi air lagi, ikan balik lagi dengan jumlah yang sama. Nggak lebih, nggak kurang," papar warga setempat, Adang kepada Sindonews di Cibulan, Kuningan, Jawa Barat.

Konon, ikan dewa yang berada di pemandian air dingin tersebut merupakan prajurit-prajurit Prabu Siliwangi. "Mitosnya ikan-ikan ini prajuritnya Prabu Siliwangi yang ngebangkang, yang nggak setia. Terus dikutuk jadi ikan. Bingungnya, dari dulu sampai sekarang ikannya bertambah tapi keliatan kaya segitu-gitu aja. Nggak kepenuhan atau gimana," ujar Adang.

Dengan luas lima hektar, Cibulan tidak hanya menyuguhkan pemandian air dingin, namun juga tujuh sumber mata air yang dikeramatkan. Masing-masing tujuh sumber mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang memiliki nama sendiri.

Nama-nama sumber mata air tersebut diantaranya Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Tidak hanya itu, tujuh sumber mata air ini juga dikelilingi petilasan Prabu Siliwangi yang kerap dikunjungi untuk berziarah.

Uniknya, air di objek wisata yang terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Cirebon, Jawa Barat ini tidak pernah habis. Karena itu, Cibulan juga dijadikan sebagai sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan.

Sementara untuk tiket masuk, tergolong murah. Wisatawan cukup membayar tiket seharga Rp2 ribu untuk orang dewasa dan Rp1 ribu untuk anak-anak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9885 seconds (0.1#10.140)