Uniknya Kue Bulan Arang Bambu

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 09:54 WIB
Uniknya Kue Bulan Arang Bambu
Uniknya Kue Bulan Arang Bambu
A A A
SETELAH burger, frozen yoghurt , serta jajanan tradisional seperti dawet ireng atau cendol hitam, kini arang bambu juga digunakan untuk pembuatan kue bulan. Kehadiran kue bulan dengan tambahan arang bambu ini menambah semarak perayaan festival musim gugur.

Ada yang berbeda di restoran Chinese Pearl sore hari itu. Sang empunya rumah, Executive Chinese Chef John Chu, antusias membawakan demo cara membuat kue bulan tradisional. Dengan bersemangat dia menjabarkan segenap bahan yang diperlukan untuk pembuatan kue tersebut kepada media yang hadir.

Untuk satu resep kue bulan, John menggunakan 600 gram narcissus flour atau tepung Hong Kong, 150 gram minyak kacang, dan sirup gula 350 gram. Semua bahan itu diaduk merata dengan mikser dan digunakan sebagai kulit untuk membungkus bolabola kue bulan berisi kuaci yang siap untuk diselimuti kulit.

"Selain kuaci bisa digunakan walnut atau kacang lainnya sehingga ada tekstur garing ketika digigit. Setelah adonan kulit jadi, diamkan selama lima jam agar lebih kalis. Untuk isian sebenarnya bergantung selera boleh diberi cokelat dan sebagainya," kata John Chu di restoran Chinese yang berada di hotel JW Marriott Jakarta, Rabu (5/8). Setelah rapi terbungkus, saatnya kue bulan dipanggang selama 25 menit dengan suhu 160 derajat Celsius.

Kemudian dikeluarkan dari panggangan sambil dioles dengan kuning telur dan dipanggang kembali untuk waktu 10 menit. Setiap tahunnya, hotel yang berada di kawasan Mega Kuningan itu turut memeriahkan festival musim gugur dengan menyediakan aneka kue bulan. Namun ada yang berbeda, untuk tahun ini, John berani bereksperimen dengan arang bambu. Memang, penggunaan arang bambu untuk berbagai makanan memang sedang naik daun. Baik untuk frozen yoghurt , burger , maupun cendol hitam sekalipun.

Tren makananberwarna hitam dengan menggunakan pewarna dari arang pada mulanya muncul di Jepang beberapa tahun lalu. Baru setelah sejumlah gerai burger di Jepang menggunakan roti (bun ) berwarna hitam, kepopulerannya mulai meluas ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Makanan yang sudah ditambahkan pewarna alami dari arang hitam tersebut diyakini baik untuk kesehatan, terutama bagi mereka yang ingin melakukan detoksifikasi racun-racun di dalam tubuh.

Tak perlu khawatir soal keamanannya karena natural activated charcoal tidak diserap oleh tubuh sehingga tidak meninggalkan residu di dalam organ tubuh, seperti yang terjadi pada pewarna sintetis. Agar kue bulan dengan arang bambu tersebut lebih kaya rasa, ditambahkan pandan dan kelapa yang membuatnya menjadi lebih gurih dan beraroma harum. Kreasi kue bulan lainnya, yaitu chocolate and custard milk .

John sengaja memilih cokelat agar masuk ke selera anak-anak khususnya. Supaya lebih enak, adonan yang digunakan adalah adonan brownies . Di samping kue bulan itu, varian kue bulan lain yang ditawarkan untuk merayakan festival musim gugur yang jatuh pada 26 September mendatang adalah white lotus paste with black sesame, white lotus paste with single/double egg yolk, dan red bean paste.

Koleksi kue bulan hasil tangan dingin John tersedia sejak Sabtu (1/8) sampai dengan 8 Oktober nanti. Kue bulan ini tersedia dengan dua pilihan paket, yakni Precious dan Treasure yang dikemas dengan kotak merah dan emas yang mewah sehingga akan menjadi hadiah yang elegan untuk keluarga serta rekan bisnis. Precious berisikan empat buah kue bulan dengan rasa pilihan Anda (Rp488.000+) dan Treasure (Rp468.000+), berisikan enam rasa kue bulan khas JW Marriott Hotel Jakarta.

Kue bulan ini cocok dinikmati dengan seteko teh China. Festival musim gugur atau yang dikenal dengan nama Festival Kue Bulan merupakan hari raya panen dan salah satu festival terpenting di Republik Rakyat Tiongkok. Festival ini dirayakan turun-temurun setiap 15 bulan kedelapan kalender China. Momentum ini dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, mengucap syukur dan berdoa.

Sebagai tradisi untuk menjalin tali silaturahmi, masyarakat China biasa mengirimkan harapan, baik kepada keluarga, teman, maupun rekan bisnis dengan memberikan kue bulan sebagai simbol doa dan harapan baik akan kemakmuran dan harmoni kepada orang yang menerima.

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3638 seconds (0.1#10.140)