Kembang Kol Panggang Keju yang Menyehatkan

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 12:25 WIB
Kembang Kol Panggang Keju yang Menyehatkan
Kembang Kol Panggang Keju yang Menyehatkan
A A A
JAKARTA - Kentang panggang atau macaroni panggang biasanya kerap dijadikan kudapan saat makan siang di sebuah acara keluarga. Karena rasanya yang lezat dan creamy, kedua makanan ini sepertinya selalu menjadi kegemaran seluruh anggota keluarga, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Untuk sekedar variasi, Anda dapat mencoba mengganti kentang dan macaroni menjadi kembang kol yang tak kalah sehat, dan bahkan menyehatkan. Berikut resep Kembang Kol Panggang Keju yang dilansir dari BBC.

Bahan-bahan:
1 buah kembang kol ukuran besar, potong-potong
40g mentega
40g tepung terigu
400ml susu
1 sdt mustard
100g keju cheddar, parut
Garam dan lada hitam

Cara membuat:

Panaskan oven terlebih dahulu hingga 190 derajat C.

Cuci kembang kol secara menyeluruh dan tempatkan dalam panci besar berisi air yang telah diberi garam. Didihkan dan masak selama 3-5 menit, sampai kembang kol terasa cukup empuk. Setelah itu angkat, saring kembang kol agar tidak telalu basah.

Untuk membuat saus, lelehkan mentega di wajan, masukkan tepung terigu, aduk rata dan jangan sampai menggumpal. Masak di atas api kecil selama satu menit. Jauhkan wajan sebentar dari api, kemudian tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk merata, tambahkan sedikit garam dan lada hitam sebagai perasa. Kembalikan wajan diatas api sedang, didihkan selama dua menit, lalu angkat dan sisihkan.

Selanjutnya aduk rata mustard dengan dua pertiga bagian keju dan sisihkan. Susun kembang kol diatas loyang tahan panas. Kemudian tuangkan saus hingga kembang kol benar-benar tertutup. Taburkan sisa keju, kemudian panggang selama 25 hingga 30 menit, sampai bagian atas kembang kol berwarna coklat keemasan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7195 seconds (0.1#10.140)
pixels