Rumah Pohon Activity Terbitkan Buku Dongeng Juki and Friends

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 17:08 WIB
Rumah Pohon Activity Terbitkan Buku Dongeng Juki and Friends
Rumah Pohon Activity Terbitkan Buku Dongeng Juki and Friends
A A A
JAKARTA - Komunitas mendongeng, Rumah Pohon Activity (RPA) merilis buku dongeng yang berjudul Juki and Friends: Wujudkan Mimpi. Buku yang berisikan 10 cerita ini, mengajarkan budi pekerti, norma-norma dan perilaku yang dibutuhkan anak-anak dalam bermasyarakat dan bersosialisasi.

"Buku ini intinya pesan moral untuk anak-anak karena proses pembelajaran budi pekerti itu naik turun, jadi ini sebagai pendamping," papar pendiri RPA dan pencipta karakter Juki and Friends, Salma Indria Rahma saat jumpa pers di Gramedia Grand Indonesia, Kamis 6 Agustus 2015.

Buku yang sebelumnya juga pernah dirilis dalam bentuk film animasi 3D dan komik ini memiliki delapan karakter fiktif, yaitu Juki (Jerapah periang, tidak suka marah, dan disukai teman-temannya), Risa (Rusa yang ramah), Baya (Buaya setia yang hobinya berenang dan bermain layangan), Untu (si penyu hijau yang penyabar dan selalu pandai menenangkan suasana), Tiki (si Tikus pemurah), Elang (si burung penjelajah), dan Ciki (si ayam yang rajin).

Melalui karakter tersebut, Salma berkeinginan mengajak anak-anak untuk memiliki sikap yang baik. Tidak hanya itu, Salma juga menginginkan anak-anak untuk bisa mewujudkan mimpi mereka.

Salma mengungkapkan, banyaknya penyimpangan yang dilakukan anak-anak, membuatnya merasa prihati.

"Semakin kesini saya ngerasa ko budi pekerti semakin sedikit. Kaya ada anak bunuh diri, anak nggak lulus UN. Jadi dari pada demo sana sini, mending kita perbaiki dari lingkungan terdekat. Nah, mereka ini kan penerus bangsa, harus kita didik, kita dampingi dari sekarang," tandasnya.

Menariknya, buku ini juga ditulis oleh anak-anak komunitas RPA. Juki and Friends bercerita tentang sekumpulan hewan di Negeri Cermin yang di antaranya bernama Juki, si Jerapah periang.

Juki bermimpi terbang mengelilingi Negeri Cermin yang indah, dan ia pun berkeinginan untuk mewujudkan mimpinya itu.

Rencananya, buku ini akan disumbangkan melalui komunitas dongeng Rumah Pohon Activity (RPA)
kepada anak-anak penghuni bangsal rumah sakit, perpustakaan nasional, perpustakaan desa,
PAUD, dan rumah singgah di 10 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Bantul, Siantar, Palangkaraya, Bontang, Padang, Manado dan Lombok.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7021 seconds (0.1#10.140)