Aksi Menghibur Chef Teppanyaki

Senin, 10 Agustus 2015 - 08:06 WIB
Aksi Menghibur Chef Teppanyaki
Aksi Menghibur Chef Teppanyaki
A A A
JIKA teppanyaki dianggap sudah biasa, namun Benihana menolak dikatakan biasa. Restoran ini full menjamu pengunjung, baik dari segi makanan Maupun aksi masak sang chef yang amat menghibur.

Dominique Anastassha selaku manajer restoran menuturkan, Benihana boleh dibilang sebagai restoran teppanyaki pertama di dunia. Di seluruh dunia ada lebih dari 100 outlet dengan pengalaman sekitar 50 tahun.

Kendati restoran Jepang, gerai perdananya justru berada di Negeri Paman Sam. Sementara di Tanah Air, restoran yang berlokasi di lantai tiga East Mall Grand Indonesia Shopping Town ini sudah berdiri kurang lebih empat tahun. Dengan konsep restoran yang minimalis bercampur gaya Jepang modern, Benihana memiliki kapasitas hingga 600 kursi.

Lantas apa yang membedakan Benihana dengan restoran Teppanyaki lain? ”Bukan hanya suguhan chef masak di plat teplan , tapi ada unsur hiburannya juga. Kami menyebutnya eatertainment . Chef kami sebelumnya bekerja di Benihana di Amerika,” tutur Dominique.

Awalnya KORAN SINDO sempat berpikir, pastilah aksi masak sang chef tersebut layaknya di restoran teppanyaki kebanyakan. Pengunjung disuguhi atraksi chef memainkan spatula sambil sedikit juggling dan ditutup dengan ”kobaran api” sewaktu menyiapkan dessert yang biasanya banana flambe .

Tak lama datanglah Chef Revi Rompies yang memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Pertama-tama dia menuangkan tiga macam saus untuk tamu yang terdiri atas saus jahe (untuk seafood dan sayuran), mustard (untuk fillet mignon dan steak , dan saus sambal).

Setelah semua dapat bagian, giliran sang chef mulai memainkan spatula . Dia memasak zuchini atau mentimun Jepang, jamur kancing, dan bawang bombai. Dengan cepat, Revi menumpuk bawang bombai, lalu menyalakkan api di bawang bombai tersebut.

”Ya kita tinggal menunggu matang,” ujar Revi sambil memainkan boneka ayam karet yang bisa bunyi. Kontan saja tingkahnya ini mengundang tawa pengunjung. Sayuran yang dimasak juga tidak lama sehingga masih segar dan tidak layu. Dimakannya dengan saus.

Berikutnya udang segar dimasak dengan garlic butter . Bagian buntut udang dipotong? ”Siapa yang mau buntutnya,” tawar sang chef , tetapi tidak ada yang berkata. ”Kalau begitu untuk sarapan saya saja besok,” kelakarnya. Dia lalu membuat sisa udang tersebut ”melompat” ke dalam topi chef -nya dengan spatula . Tamu pun bertepuk tangan.

Setiap aksi yang dilakukan sukses memancing tawa, termasuk saat membuat garlic fried rice . Dia melempar telur mentah utuh ke topi juga dengan spatula dan ketika diambil malah anak ayam karet yang muncul.

Chef yang sebelumnya bekerja di Benihana, Amerika Serikat, selama delapan tahun itu juga piawai melempar telur dan mendarat persis di bagian belakang pisau yang langsung membuat telur pecah.

Bagian kuning telur dipisah dan dibuat atraksi. Sambil memasak salmon, Revi menjelaskan bahwa salmon tidak perlu diberi minyak, termasuk seafood lainnya seperti lobster. Racikannya sederhana, hanya perasan lemon dan sejumput garam. KORAN SINDO juga mencoba sirloin yang dimasak medium.

Potongan dadu dagingnya masih kemerahan dan sari daging yang dikandung membuatnya semakin lezat. Menurut Revi, sirloin menyimpan lemak lebih banyak dibandingkan tenderloin .

Chef Revi juga menunjukkan kelihaiannya memutar spatula dan juggling tempat bumbu yang selalu diselingi lawakan segar. Set teppanyaki sudah termasuk sup, salad, appetizer, dan sayuran. Benihana soup yang diberikan kepada setiap tamu yang memesan set teppan ini merupakan pembuka yang lezat.

Isinya hanya daun bawang, jamur, dan bawang bombai goreng yang manis. Sup bening ini dimasak dengan kaldu daging sapi. Bagi Anda yang vegetarian bisa menggantinya dengan sup miso. Pilihan teppanyaki meliputi steak (rib eye, tenderloin, wagyu ), seafood (lobster, scallop, black cod , salmon), dan ayam. Benihana juga mempunyai koleksi aneka pasta, seperti tempura spaghetti, ashari tobiko spaghetti, Japanese seafood spaghetti, dan spicy salmon pasta.

Pastikan pula Anda mencicipi jakarta emperor roll . Sushi andalan restoran ini yang berisi salmon, daging kepiting, scallop , dan alpukat, serta digulung dengan nori , lalu diberi tepung panko renyah yang menyelimuti permukaan sushi.

Sri Noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4594 seconds (0.1#10.140)