Budaya Dalam Fashion

Selasa, 11 Agustus 2015 - 09:08 WIB
Budaya Dalam Fashion
Budaya Dalam Fashion
A A A
SEMAKIN beragamnya jenis kain tradisional khas Indonesia membuat para desainer Tanah Air terinspirasi untuk mengenalkan dengan koleksi terbaru.

Salah satunya pendiri IKAT Indonesia, Didiet Maulana, yang juga merasa terinspirasi dengan nuansa tradisional dan mulai memasarkan hasil produksi kainnya sejak empat tahun lalu.

Menurutnya, jenis kain yang berbeda-beda dari setiap daerah dapat menjadi peluang sekaligus tantangan. “Potensi untuk mengembangkannya itu banyak sekali, tetapi semakin ke sini kompetitor di bidang usaha fashion dengan produk utama kain tenun ikat juga semakin banyak,” ujarnya usai acara IDEAFEST 2015 di Jakarta Convention Center, Jumat (7/8) lalu.

Namun, Didiet percaya, jika memang berkomitmen untuk melahirkan karya yang berbeda dari yang lain, tentu membutuhkan nilai kreativitas tambahan. Salah satunya adalah dengan mengubah segi packaging berbagai tema fashion yang sudah ada, seperti barbie atau flowery .

“Masyarakat kita sudah tahu bagaimana baju itu berdasarkan versi aslinya, tinggal kita perbarui dengan kain dan ciri khas desain ornamen budaya Indonesia,” tuturnya. Hal tersebut dilakukan karena lebih memudahkan produknya untuk masuk ke segmen ritel dan pasar konsumen. Adapun tantangan yang harus dapat diselesaikan, yaitu bagaimana mampu membuat kain tradisional bukan hanya identik dengan orang tua.

Didiet mengaku, berbekal sebagai mantan tim produksi salah satu televisi swasta, dia menawarkan berbagai hasil koleksinya kepada sejumlah artis untuk menggunakan pakaian tersebut. Dengan begitu, pasar IKAT Indonesia dapat mulai terbangun perlahan-lahan.

Begitu pula yang dilakukan oleh Chitra Subijakto, pemilik clothing line Sejauh Mata Memandang. Namun, ia justru tertarik mengenalkan karyanya dari pasar mancanegara terlebih dahulu, dibandingkan membangunnya dari konsumen lokal seperti Didiet.

Rabia Edra Almira
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7755 seconds (0.1#10.140)