6 Alat Memasak yang Dihindari dari Mesin Pencuci Piring

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 11:20 WIB
6 Alat Memasak yang Dihindari dari Mesin Pencuci Piring
6 Alat Memasak yang Dihindari dari Mesin Pencuci Piring
A A A
JAKARTA - Meski masih jarang ditemui di rumah kebanyakan, mesin pencuci piring dapat membantu meringankan beban pekerjaan rumah tangga Anda.

Setelah selesai makan, Anda hanya perlu meletakkan peralatan makan Anda di dalam mesin tersebut dan peralatan makan Anda akan bersih secara otomatis. Namun, menurut Foxnews ada beberapa peralatan yang justru akan rusak jika dicuci dengan menggunakan mesin pencuci piring.

1. Kayu dan bambu
Terlalu lama air (terutama air panas) merendam peralatan tersebut akan membuat kayu dan bamboo menjadi retak. Hal ini juga akan menanggalkan lapisan pelindung minyak sehingga tak hanya terlihat kurang indah, tekstur juga menjadi kasar ketika disentuh.

2. Wajan
Mencuci wajan Anda di mesin cuci piring tidak hanya dapat menyebabkan karat, juga akan menghilangkan lapisan pencegah lengket pada wajan.

3. Pisau besar
Pisau mentega masih dapat Anda cuci dengan mesin pencuci piring, namun pisau professional atau pisau besar yang berkualitas baik sebaiknya tidak Anda cuci dengan mesin tersebut. Mesin cuci piring dapat merusak kualitas pisau karena gesekan yang terjadi.

4. Keramik
Mug atau cangkir kerap diisi oleh teh dan kopi yang bersuhu panas. Dengan mencucinya secara manual dengan tangan dapat mencegah keretakan yang terjadi pada cangkir keramik jika terlalu sering mencucinya di mesin pencuci piring.

5. Aluminium
Untuk peralatan masak berbahan alumninium seperti loyang kue atau pasta, Anda benar-benar harus memerhatikan ketika mencucinya. Jika Anda mencucinya dengan mesin pencuci piring bersama peralatan dapur lainnya, ia akan meninggalkan bercak hitam pada peralatan-peralatan tersebut. Jadi sebaiknya cuci sendiri menggunakan tangan Anda.

6. Tembaga
Jika Anda memiliki peralatan yang terbuat dari tembaga, sebaiknya cuci secara terpisah dengan menggunakan tangan. Karena jika Anda masukkan ke dalam mesin pencuci piring, peralatan tembaga akan bertemu dengan sabun deterjen dan akan membuatnya berwarna hitam, karena sabun deterjen pencuci piring lebih kuat daripada sabun cuci piring biasa.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7599 seconds (0.1#10.140)