FoPo, Makanan Kedaluwarsa yang Dapat Dimakan

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 09:53 WIB
FoPo, Makanan Kedaluwarsa yang Dapat Dimakan
FoPo, Makanan Kedaluwarsa yang Dapat Dimakan
A A A
APAKAH Anda pernah membuang-buang makanan? Atau bahkan terlalu lama menyimpan makanan di dalam kulkas hingga melewati tanggal kedaluwarsa?

Hal tersebut telah menjadi permasalahan di dunia hingga saat ini meskipun masih banyak masyarakat yang kekurangan makanan. Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) telah melaporkan sekitar 1,76 miliar ton makanan telah disia-siakan setiap tahunnya (setara dengan USD750 miliar makanan yang terbuang).

Apakah Anda tahu? Meski tidak disarankan, beberapa makanan ternyata masih bisa dikonsumsi setelah melewati tanggal yang tertera di kemasan asalkan kemasannya tidak rusak. Terinspirasi untuk mengakhiri kelaparan dunia dan mengurangi limbah makanan setiap tahunnya, sekelompok mahasiswa kandidat master Program Inovasi Pangan dan Desain Produk Universitas Lund di Swedia telah menciptakan bubuk makanan dari makanan yang hampir kedaluwarsa bernama FoPo (food powder ).

Proses pembuatan FoPo adalah dengan mengeringkan makanan yang hampir kedaluwarsa dan mengubahnya menjadi bubuk untuk memperpanjang masa simpan makanan selama dua tahun. FoPo juga hadir dalam tiga rasa dan buah seperti pisang, raspberry, dan mangga. FoPo juga akan mengeluarkan rasa terbaru, yaitu nanas.

FoPo dapat digunakan di berbagai jenis makanan seperti yoghurt, smoothies, kue, bahkan jus buah. Bubuk ini juga tetap memiliki nilai gizi yang sama. FoPo telah mendapatkan dukungan dari pemerintah Filipina dan FAO.

mg-2
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5953 seconds (0.1#10.140)