Lezatnya Masakan China ala Taiwan

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 09:53 WIB
Lezatnya Masakan China ala Taiwan
Lezatnya Masakan China ala Taiwan
A A A
MENGANGKAT hidangan China dengan pengaruh dari Taiwan, Din Tai Fung hadir dengan beragam menu lezat. Xiao long bao salah satu hidangan legendarisnya yang wajib coba.

Din Tai Fung, mendengar nama itu pastinya penikmat dim sum sudah tak asing lagi. Salah satu gerainya berada di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. Ya, restoran ini memang berpusat di Taiwan yang sudah mapan sejak 57 tahun silam. Hingga saat ini restoran tersebut sudah melebarkan sayapnya di 11 negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Australia, Korea, dan beberapa negara lainnya termasuk Indonesia.

Menyinggung restoran ini belum lengkap rasanya tanpa mengulas xiao long bao yang menjadi andalannya. Jenis dim sum ini dibuat dari bahanbahan, seperti ayam dan kepiting. Xiao long bao -nya diracik sedemikian rupa dengan resep legendaris dan standar yang sama. Masing-masing lipatan dari dim sum -nya berjumlah 18 sehingga tampilan dan cita rasanya tetap terjaga.

“Kami memang mengutamakan kualitas dari bahan-bahan. Xiao long bao dibuat detail hingga ada lipatan tertentu, sampai berat setiap dim sum juga ditimbang,” kata Diana Samuel selaku District Manager Din Tai Fung Indonesia. Xiao long bao dibuat dari kulit pangsit kukus yang di dalamnya terdapat daging dan kuah kaldu yang khas.

Untuk menikmatinya tidaklah sama seperti Anda menyantap dim sum pada umumnya. Ada tekniknya sendiri yang sekaligus membuat penganan ini makin menarik. Jika sembarangan disantap, dikhawatirkan kaldunya akan pecah dan sajian xiao long bao menjadi tidak nikmat lagi. Belum lagi baju yang terkena cipratan dim sum berisi kaldu ini.

Saat KORAN SINDO berkunjung ke Din Tai Fung, Diana secara langsung mempraktikkan cara menyantap penganan ini dengan benar. Angkat xiao long bao menggunakan sumpit dari keranjang bambu secara hati-hati agar kulitnya tidak pecah. Lalu letakkan dalam sendok bebek untuk menyantap supnya. Menggunakan sumpit, tusuk, atau tekan kulitnya hingga robek.

Air kaldu serta-merta akan keluar dari dalamnya mengalir ke sendok bebek tadi. Setelah itu, isi kaldu yang sudah keluar dari kulit dim sum dan tertampung di dalam sendok bisa Anda seruput dan nikmati. Langkah terakhir bila supnya sudah habis, tersisa kulit dim sum dan isian daging. Celupkan ke dalam wadah kecil berisi campuran serutan jahe muda, minyak cabai, cuka apel, dan soy sauce .

“Setelah dicelup, barulah dim sum - nya disantap,” sebut Diana. Di samping dim sum Anda bisa menikmati berbagai sajian lezat ala China-Taiwan yang unik dan khas. Misalnya bao ayam, pheonix claw atau ceker ayam pedas, wun tun udang goreng, gyoza sayuran, dan ayam, sup ayam kampung, sup angsio sapi, tahu dengan jamur hioko , enoki goreng cabai, udang goreng telur asin, dan golden lava.

Yang disebut terakhir ini adalah bao dengan isian telur asin. Rasanya legit manis sekaligus asin. Masih banyak sajian lezat lainnya. Jika ingin menyantap makanan berat, berbagai sajian yang bisa dinikmati adalah nasi goreng tiga rasa, aneka olahan mi, mi yang terbuat dari sayuran, bebek panggang, tumis buncis dengan ayam atau sapi, nasi goreng udang, sapi tenderloin saus lada hitam, dan lainnya.

Adapun untuk pelepas dahaga, koleksi yang dimiliki, seperti lychee mint freeze, jungle markish , dan pinnacola . Sementara untuk sajian penutup, jangan lewatkan puding mangga ataupun mangga pomelo . “Semua makanan made by order dan bisa dilihat langsung dari open kitchen di bagian depan restoran. Jadi, semuanya fresh ,” tambah Diana.

Din Tai Fung kental dengan nuansa tradisional modern khas Tiongkok. Dapat terlihat dari berbagai interior meja dan kursi yang ada. Kebanyakan interior terbuat dari kayu dan dapat memberi pengalaman berbeda dalam bersantap.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)