Paket Hiburan Audio Terpadu

Selasa, 18 Agustus 2015 - 09:39 WIB
Paket Hiburan Audio Terpadu
Paket Hiburan Audio Terpadu
A A A
Jika sebelumnya kami sempat mengulas Blaupunkt Sonido J1, maka kali ini yang dicoba adalah Blaupunkt Sonido X1+.

Kecuali tulisan Blaupunkt dan logo lingkaran berwana biru, tidak ada yang yang spesial atau menjadi ciri khas dari Sonido X1+. Layar beserta frame berbahan plastik berbalut warna metalik sehingga terlihat seperti logam. Kover belakangnya terbuat dari plastik doff bertekstur kesat sehingga nyaman digenggam dan tipis, karena tebalnya hanya 7,8 mm.

Layar TFT LCD 5,5 inci Sonido X1+ beresolusi FHD (1920x1080) sehingga semua video atau tayangan yang ditampilkan lewat perangkat ini memiliki kualitas Full HD. Bezel tipis membuat Anda dapat menikmati video HD dengan rasa lega. Saat mencoba Sonido X1+, harus diakui saya mendapatkan video experience yang sangat baik.

Untuk perlindungan layarnya sendiri Blaupunkt menggunakan teknologi Dragon Trail Glass. Bagaimana jeroannya? Lagi-lagi tidak ada yang spesial. Ponsel tersebut memakai prosesor MediaTek Octa-Core 1.7 GHz dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB yang bisa ditambah dengan microSD.

Kapasitas baterainya sebesar 3.000 mAh menurut saya cukup besar. Ini penting untuk mendengarkan musik atau memutar video dalam waktu lama. Saya menilai kapasitas baterai yang disematkan sudah betul dan sesuai dengan kemampuan yang ditawarkan. Perangkat ini tentu juga sudah mendukung penggunaan Dual SIM dan sistem operasi berbasis Android KitKat namun belum 4G LTE.

Antaramuka Sonido X1+ masih mengadopsi antaramuka sederhana bawaan Android termasuk ikonikon menunya. Menurut saya jika Blaupunkt meracik antaramukanya dengan gayanya sendiri sesuai tema soundphone yang diusung, tentu perangkat ini akan semakin bernilai tambah. Sonido X1+ memiliki kamera belakang 13,2 MP yang memakai sensor Sony CMOS dan kamera depan 8 MP.

Kualitasnya cukup baik untuk sekadar selfie dan berfoto di jejaring sosial. Nah, kunci keunggulan Sonido X1+ adalah Headphone Blaupunkt BPA-102 dengan kualitas SPL 108dB yang menghasilkan suara jernih dan dentuman bass mantap. Hal itu terasa sekali saat mencobanya. Oh iya, kualitas suara ini hanya akan didapat ketika Anda memutar video atau lagu dengan mencolokkan headphone Blaupunkt ke perangkat smartphone.

Jika Anda menggunakan headphone merek lain, maka harus terlebih dulu mengunduh setting suara dari aplikasi audio Blaupunkt. Sebab setiap merek headphone memiliki setting berbeda. Suara yang dihasilkan berasal dari software yang sudah diprogram sesuai jenis headphone, bukan berasal dari chip khusus audio. Jika kurang puas, masih bisa menyematkan fitur equalizer untuk pengaturan manual.

Fitur ini penting karena pecinta audio tentu senang meracik jenis audio yang dihasilkan. Ya, tadi dari segi kualitas suara menurut saya sudah sangat bagus tapi lagi yang perlu dijelaskan bahwa kualitas suaranya kental saat memutar musik dengan dentuman bass. Jadi agak berbeda dengan perangkat yang menghasilkan suara sejernih mendengarkan instrumen langsung atau yang biasa disebut dengan suara berkualitas Hi-Fi.

Banderol Rp4,8 juta menurut saya cukup rasional. Paket penjualan yang diberikan sudah termasuk headphone Blaupunkt dengan audio dentuman bass. Singkatnya, Blaupunkt Sonido X1+ sesuai bagi Anda yang ingin fokus pada audio, tapi tidak rewel dengan antarmuka.

Cahyandaru Kuncorojati
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6299 seconds (0.1#10.140)