Pekan Mode Songket

Kamis, 20 Agustus 2015 - 09:40 WIB
Pekan Mode Songket
Pekan Mode Songket
A A A
Museum Tekstil Jakarta menyelenggarakan Pekan Museum Tekstil 2015 hingga 23 Agustus 2015. Acara yang diselenggarakan di gedung utama Museum Tekstil ini mengangkat pameran unggulan bertajuk “Ragam Songket Nusantara & Tradisi Serupa”.

Acara ini dibuka langsung oleh Okke Hatta Rajasa selaku Ketua Cinta Tenun Indonesia (CTI). Selain melakukan pameran yang menyajikan tenun songket unggulan dan teknis serupa nusantara koleksi Museum Tekstil, Museum Nasional dan beberapa kolektor yang ikut berkontribusi, terdapat beberapa rangkaian acara lainnya, seperti peluncuran buku berjudul Floating Threads oleh Cinta Tenun Indonesia.

Tak hanya itu, akan ada diskusi tenun, workshop tenun dasar, dan membatik gratis, serta pentas kesenian dan musik. Pameran yang menampilkan kurang lebih 100 tenun dan songket dari berbagai daerah ini dikuratori oleh Judi Achjadi, seorang pencinta kain di Indonesia.

“Saya sangat menyukai produk yang dibuat dengan kesulitan yang cukup tinggi, seperti pembuatan songket, karena di sini kita harus menghargai imajinasi dan waktu yang dipakai para perajin,” tuturnya. Museum Tekstil Jakarta yang diwakili oleh Dyah Damayanti selaku Kepala Museum Tekstil Jakarta menyebutkan tujuan pameran ini untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap keberadaan Museum Tekstil, motivasi untuk para pegiat tenun, dan meningkatkan pelestarian kain tradisional.

“Dengan adanya pameran ini, keingintahuan masyarakat mengenai songket bisa lebih mudah, yaitu hanya dengan melihat pameran di Museum Tekstil ini. Songket langka juga banyak kami tampilkan di sini dan juga kami mendatangkan beberapa perajin songket,” ucap Dyah Damayanti.

(Mg-1)
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6063 seconds (0.1#10.140)