Nikmatnya Kari Salmon Cabai Hijau

Senin, 24 Agustus 2015 - 18:10 WIB
Nikmatnya Kari Salmon Cabai Hijau
Nikmatnya Kari Salmon Cabai Hijau
A A A
JAKARTA - Jika bosan dengan menu kari ayam atau kari daging sapi, tak ada salahnya untuk memilih ikan sebagai pengganti ayam dan daging sapi.

Selain lebih sehat, perpaduan ikan dengan saus kari juga tak kalah nikmat jika disantap. Berikut resep Kari Salmon Cabai Hijau yang dilansir dari BBC. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
2 sdm minyak sayur
4 butir cengkeh
6 buah kapulaga hijau, hancurkan
1 bh kayu manis
1 bh bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
1 bh jahe, kupas dan potong-potong
2 siung bawang putih
1 sdt bubuk ketumbar
300ml santan
2-4 bh cabai hijau
Garam secukupnya
100ml air
2 sdm pasta kari
½ sdt lada hitam
500g ikan salmon fillet, potong-potong sesuai selera
2-3 sdt air jeruk nipis
Daun ketumbar untuk hiasan

Cara membuat:
Panaskan minyak dalam wajan, tambahkan cengkeh, kapulaga hijau dan kayu manis, sebentar, kemudian tambahkan setengah dari bawang bombay cincang, tumis kembali selama 4-5 menit hingga bawang lunak.

Sementara itu, campurkan sisa bawang bombay dengan jahe, bawang putih, bubuk ketumbar dan 100ml santan ke dalam blender, haluskan.

Campurkan bumbu yang telah di blender dengan cabai hijau dan garam di dalam panci kemudian tutup dan masak di atas api kecil selama 12-15 menit, sambil diaduk sesekali.

Tambahkan sisa santan, air, pasta kari, lada hitam, garam, dan ikansalmon kemudian masak selama sekitar 3-5 menit, sampai ikan benar-benar matang.

Setelah matang, matikan api, sajikan kari ikan salmon di dalam mangkuk, tambahkan perasan air jeruk nipis, dan daun ketumbar sebagai hiasan. Nikmati dengan nasi putih.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1973 seconds (0.1#10.140)