Fine Dining di Atas Kereta Mewah

Rabu, 26 Agustus 2015 - 08:48 WIB
Fine Dining di Atas Kereta Mewah
Fine Dining di Atas Kereta Mewah
A A A
PENGALAMAN menyantap makanan dalam konsep fine dining di sebuah restoran mungkin sudah biasa kita temui.

Bagaimana jika suasana jamuan makan resmi itu dilakukan di atas sebuah kereta mewah?

Dalam sebuah kesempatan perjalanan dengan kereta mewah Eastern & Oriental Express yang melintasi Singapura, Malaysia, dan Thailand belum lama ini, KORAN SINDO sempat mencicipi suasana fine dining berbeda dengan resep dari Chef Jonathan Phang. Dia adalah seorang koki bintang di acara Gourmet with Jonathan Phang , disiarkan di saluran Asian Food Chanel (AFC).

Denting gelas dan peralatan makan serta guncangan kereta menjadi atmosfer yang begitu dominan terasa saat menikmati suasana jamuan makan di atas kereta. Breaded Cod Manggo Salsa Red Pepper Mayonnaise atau ikan cod yang dilapisi tepung dengan padanan irisan mangga dan saus merah lada menjadi sajian pembuka menu makan malam yang khusus dibuat Phang. Rasa pedas dari berbagai campuran rempah langsung terasa di mulut ketika mencicipi sendokan pertama.

Cita rasa itu berasal dari lada dan saus mayones berikut tepung yang melapisi ikan cod. Harmoni rasa segar mangga dan tomat yang berasal dari Manggo Salsa menjadi penawar rasa pedas tadi sehingga ketika memakannya secara keseluruhan, semuanya terasa pas dan tak berlebihan. Hanya, rasa pedas dan aroma rempahnya terasa di mulut agak lama dan lumer. Saya mulai merasa kepedasan. Adapun ikan cod begitu populer dikenal sebagai makanan dengan rasa ringan dan padat, memiliki daging putih bersisik.

Di Inggris, Atlantic cod adalah salah satu bahan yang paling umum untuk ikan dan keripik. Hati ikan cod biasanya diproses untuk membuat minyak ikan cod yang merupakan sumber penting dari vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan omega 3 asam lemak (EPA dan DHA). Kemudian hidangan selanjutnya ada sup, spiced pumpkin dan seafood soup dengan menu utama jerk chicken dilengkapi nasi biryani. Untuk sup rasa pedas masih mendominasi, tapi berkat bahan dasar sup yang merupakan labu yang manis, ini menjadi paduan unik ketika dimakan.

“Kuharap semua orang menikmatinya, selamat makan,” ujar Phang saat memberi sambutan sebelum acara makan malam dimulai. Cita rasa rempah makin kuat terasa pada menu utama ini. Jerk chicken yang dilengkapi nasi biryani masih memiliki nada pedas dari lada hitam. Terutama untuk nasi, terasa sekali ada banyak tambahan rempah lain sehingga kaya rasa pedas yang menyatu. Untuk ayamnya, rasa pedas itu hanya saya dapatkan dari bumbu.

Sebagai hidangan penutup, ada coconut pineapple crumble cake dan vanilla ice cream manis yang menjadi penawar rasa pedas makanan pembuka dan utama, yang bercita rasa kaya rempah dan bumbu dari Jonathan.

Dyah ayu pamela
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7980 seconds (0.1#10.140)