8 Masalah Akibat Konsumsi Junk Food

Minggu, 30 Agustus 2015 - 10:30 WIB
8 Masalah Akibat Konsumsi Junk Food
8 Masalah Akibat Konsumsi Junk Food
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, makan junk food lebih dari dua kali dalam sepekan bisa menyebabkan kanker. Banyak mengandung penyedap buatan, membuat junk food tidak mudah dicerna dengan baik.

Bahkan, kerap mengonsumsi junk food bisa membuat merasa lesu dan tidak bersemangat. Berikut efek samping konsumsi junk food yang dilansir dari Boldsky.

1. Diabetes
Junk food tidak memiliki kandungan serat. Hal ini menyebabkan gula darah akan meningkat secara drastis. Bahkan, Anda bisa mengidap diabetes tipe 2.

2. Sistem pencernaan bermasalah
Kerap mengonsumsi junk food, menyebabkan Anda menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan sindrom iritasi usus (IBS).

3. Mudah lelah
Tidak memiliki kandungan serat dan energi, mengonsumsi junk food bisa menyebabkan Anda mudah lelah dan malas beraktivitas.

4. Penyebab depresi
Makanan cepat saji ini tidak punya jumlah nutrisi yang baik dalam meningkatkan perubahan hormonal pada wanita. Hal ini menyebabkan, suasana hati wanita gampang berubah dan menyebabkan depresi.

5. Kelainan bentuk otak
Lemak jahat (lemak trans) pada junk food cenderung menggantikan lemak sehat di otak dan mengganggu mekanisme sinyal normal. Parahnya, otak Anda akan mengalami masalah.

6. Penyakit jantung
Hampir 90% dari junk food mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini meningkatkan trigliserid dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah yang berarti akan mempengaruhi kinerja jantung.

7. Ginjal
Lemak trans juga bisa menganggu keseimbangan natrium dalam tubuh sehingga mengakibatkan hipertensi. Ginjal Anda juga akan bermasalah. Mengonsumsi junk food juga menyebabkan disfungsi hati.

8. Obesitas
Junk food membuat Anda merasa malas dan lesu, pada akhirnya Anda akan gemuk karena kurangnya aktivitas secara fisik.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9172 seconds (0.1#10.140)