Nikmat Sedap Wonton Udang

Selasa, 01 September 2015 - 10:48 WIB
Nikmat Sedap Wonton Udang
Nikmat Sedap Wonton Udang
A A A
Hidangan kudapan hangat dengan kuah selalu menggugah selera, seperti wonton. Makanan asal Kanton (China) ini memiliki rasa khas yang nikmat disantap kapan saja.

Wonton adalah sejenis dumpling atau olahan pangsit rebus yang memiliki isi, seperti daging cincang. Pencinta seafood khususnya udang dengan nilai gizi serta protein pun dapat menyantap wonton dengan isi udang yang punya tekstur, sebagai pilihan rasa selain wonton isi daging ayam untuk alternatif di sajian makannya.

Dalam sebuah acara bersama Golden Fiesta Seafood, Chef Arnold Poernomo pun membagi resep dan rahasia membuat wonton isi udang yang sedap. Wonton biasanya dimasak bersama sup atau kuah, teksturnya yang lembut akan memudahkan Anda menyantapnya. Cita rasa sup wonton dengan rasa yang pas, memang sangat cocok sekali dimakan bersama mi sebagai tambahan asupan karbohidrat.

Untuk membuat adonan isinya diperlukan bahan campuran untuk dihaluskan, seperti dua sendok makan tepung sagu, kuning telur, sepertiga sendok teh merica bubuk, garam, dan bawang putih secukupnya dengan tambahan daging udang sesuai berapa banyak yang ingin dibuat. Sementara kulit wonton bisa menggunakan kulit pangsit yang biasanya dijual dalam bentuk lembaran.

Masukkan isi adonan ke kulit pangsit dan bentuk, rekatkan sesuai keinginan. “Wonton itu hidangan yang bisa dimakan kapan saja,” ujar Arnold sembari mengaduk adonan isi wonton . Sementara untuk kuah, siapkan 2 liter kaldu yang didihkan, 5 siung bawang putih, dan 50 gram bawang bombai yang dicincang halus, setengah sendok teh merica bubuk, satu sendok teh kecap asin,

garam, dan gula secukupnya, serta dua sendok makan minyak sayur, dan satu sendok teh minyak wijen. Untuk membuatnya, panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum dan matang atau layu. Angkat, masukkan ke dalam kuah yang sedang mendidih. Tambahkan merica bubuk, kecap asin, garam, dan gula pasir secukupnya. Kecilkan apinya, teruskan memasak hingga bumbu meresap.

Kukus pangsit isi hingga isi matang atau selama kurang lebih 15 menit. Angkat, tempatkan dalam wadah, tuangi kuah hingga pangsit terendam agar tidak lengket satu sama lain. Sisihkan, lalu di mangkuk saji, beri pangsit dan siram dengan kuah panas tadi, taburi dengan daun bawang iris.

Wonton atau yang lebih dikenal dengan pangsit memang sudah tidak asing lagi bagi para pencinta kuliner di Indonesia. Makanan lintas budaya yang berkonsep dasar dari daging yang dibungkus oleh adonan kulit tipis yang biasanya terbuat dari campuran terigu, telur, air, dan garam ini merupakan jenis makanan yang sangat fleksibel dalam hal pengolahan.

Kedua elemen inilah yang kemudian mengilhami Golden Fiesta Seafood untuk menghadirkan produk microwave ready terbarunya ini. Setia pada konsep seafood , Golden Fiesta Seafood memilih daging udang utuh sebagai bahan pengisi wonton -nya. Untuk menjaga kesegaran serta cita rasa dari bahanbahannya, maka Wonton Cup pertama di Indonesia ini dihadirkan dalam bentuk sup siap saji yang dikemas secara beku.

Bagi para ibu yang sibuk tetap dapat membuat wonton udang dalam sekejap, hanya 2 menit. “Golden Fiesta Seafood kini telah meluncurkan Shrimp Wonton Soup dan Whole Shrimp Wonton Soup with Noodle, yang merupakan produk wonton cup pertama di Indonesia.

Kedua jenis wonton ini pun cukup dipanaskan saja dengan microwave karena dikemas dalam keadaan beku sehingga kesegaran bahan serta cita rasanya tetap terjaga,” ujar Anna Wibowo, Brand Manager PT CP Prima, dalam media gathering Golden Fiesta Seafood “Wontonivora” di Jakarta belum lama ini. Adapun Wontonivora , kata Anna, dipilih sebagai tema untuk mengajak masyarakat Indonesia beramai-ramai menjadi penikmat wonton lewat sebuah istilah yang catchy .

Chef Arnold Poernomo, selaku spoke person dari Golden Fiesta Seafood juga merasa sangat optimistis produk sup wonton microwave ready pertama di Indonesia ini akan bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Chef Arnold dengan antusias mengajak untuk bergabung untuk menjadi seorang Wontonivora .

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3687 seconds (0.1#10.140)