Sajian Sup Buntut Makin Berkelas

Sabtu, 05 September 2015 - 09:20 WIB
Sajian Sup Buntut Makin Berkelas
Sajian Sup Buntut Makin Berkelas
A A A
Ekor sapi atau dalam bahasa Jawa disebut dengan buntut sapi adalah bagian belakang dari tubuh sapi yang biasa dimasak menjadi jenis hidangan sup. Karena kekhasan, buntut sapi bisa menjadi aneka hidangan lezat.

Tak heran bila olahan buntut sapi menjadi salah satu menu yang diburu para pencinta kuliner. Menu ini pun dapat ditemui mulai dari warung kaki lima hingga hotel bintang lima. Pada dasarnya sup buntut terbuat dari buntut sapi dengan kuah sup yang gurih dan segar. Untuk membuat kuah sup yang lezat, selain kaldu daging sapi diperlukan juga beberapa bumbu khusus seperti bawang putih, cengkeh, biji pala, kayu manis, garam, dan merica.

Nah salah satu hotel yang memiliki menu sup buntut cukup fenomenal, yakni di Bogor Cafe Hotel Borobudur. Sup buntut ala Bogor Cafe memiliki rasa yang gurih lezat. Bumbunya begitu terasa, pas rasa asin berbaur dengan gurih daging buntut sapi. Ditambah sambal dan jeruk nipis, sup ini terasa lebih tastydan lebih sedap rasanya. Keistimewaan sup buntut di sini adalah teksturnya yang empuk.

Jadi, gampang banget memakannya. Selain itu, bumbu buntutnya sangat terasa. Hotel lain yang juga menjadikan buntut sebagai menu andalannya adalah The Harmony Restaurant, Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta. Di sini sup buntut termasuk ke dalam salah satu hidangan yang paling banyak diminati.

Selain sup buntut, terdapat juga buntut goreng di mana buntut sapi yang telah diberi bumbu digoreng terpisah dan disajikan dengan kuah sup buntut yang diberi taburan bawang goreng. “Kedua hidangan tersebut bisa dinikmati dengan nasi hangat, emping goreng, sambal hijau, dan jeruk nipis,” sebut Hesty Ning Tyas, PR Manager Hotel Santika Premiere, Slipi Jakarta.

Selain hidangan buntut yang menggunakan kuah sup, rawon buntut pun menjadi salah satu hidangan yang paling banyak dipesan oleh tamutamu di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta. Pada rawon buntut, kuah yang digunakan adalah kuah rawon khas Jawa Timur. Untuk membuat kuah rawon yang gurih diperlukan beberapa bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, serai, kunyit, kencur, kemiri, ketumbar, jinten, dan keluwek.

Komposisi pendukung lain biasanya berupa bumbu tradisional dan rempahrempah asli Nusantara, seperti lada, pala, kayu manis, dan cengkeh. Bumbu-bumbu tersebut yang memiliki peran besar dalam menciptakan cita rasa yang sempurna pada sup buntut.

Hidangan ini sangat nikmat jika dinikmati dalam kondisi panas dan disajikan dengan nasi putih hangat, tempe, emping goreng, dan sambal terasi. Semua hidangan ini bisa dinikmati dalam menu a la carte di The Harmony – Restaurant Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta.

Dyah ayu Pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7398 seconds (0.1#10.140)