Fotografi Melalui Ponsel

Minggu, 06 September 2015 - 09:18 WIB
Fotografi Melalui Ponsel
Fotografi Melalui Ponsel
A A A
Keterbatasan bukan menjadi penghambat bagi seseorang untuk berkarya atau berkreasi, termasuk fotografi. Belajar fotografi itu ternyata tidak harus memiliki peralatan yang serba mahal, kita juga bisa menghasilkan sebuah karya foto yang menarik, meski dengan alat fotografi seadanya.

Salah satu komunitas yang memanfaatkan ponsel untuk fotografi adalah Komunitas Fotografi Ponsel (Kofipon). “Kita lebih pada mempelajari fotografi dengan media ponsel, komunitas ini dulu dibentuk oleh Beny Syamsudin Toni, dulu dia pecinta fotografi tapi dia dulu tidak punya alat untuk fotografi karena mahal, dia mencoba memakai handphone dan hasilnya bagus, dan mulai saat itulah terbentuk Kofipon pada 17 Maret 2009,” kata ketua Kofipon Chapter Jabodetabek, Conanda Yuanto.

Menurutnya tujuan dibentuknya komunitas ini untuk mewadahi orang-orang yang mencintai fotografi dengan menggunakan ponsel, karena ponsel itu semua kalangan punya. “Fotografi itu tidak harus mahal, disini kita juga belajar dasar-dasar fotografi menggunakan media ponsel,” ungkap Conanda. Sampai saat ini anggota Kofipon berasal dari seluruh Indonesia, total ada 22 ribu dari 12 Chapter.

Ada di Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Bandung, Jawa Tengah, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan berpusat di Jogja. Dalam waktu dekat pun Kofipon akan mengadakan seminar tentang dasar-dasar fotografi menggunakan media ponsel, pada tanggal 13 September di Kampus IPB Bogor.

“Kalau untuk berkumpul kita biasanya dimana saja, tapi yang paling sering kita berkumpul di Kota Tua, dalam seminggu bisa dua kali, kalau lagi kumpul kita sharing-sharing tentang fotografi, belajar fotografi sama hunting-hunting bareng ke Sunda Kelapa, Bundaran HI mencari human interest,” ucap Conanda.

Dia menilai untuk saat ini perkembangan fotografi ponsel sendiri lumayan pesat, makin banyak pecinta fotografi ponsel karena medianya yang tidak harus mahal, menurutnya, dengan alat sederhana kita bisa menghasilkan sesuatu yang bagus dan ini juga memperkenalkan dasar fotografi juga, selain itu handphone makin lama makin bagus kameranya bahkan bisa dibilang hampir menyaingi kamera SLR.

“Kita lebih aktif di facebook, hasil-hasil foto kita share kesana, karena di fb kita bisa lihat keseluruhan dan detail gambar, bisa sharing dan kasih masukan juga terhadap hasil foto,” papar Conanda. Conanda mengakui bahwa foto dengan ponsel masih memiliki kekurangan seperti detail yang belum bisa menyaingi kamera SLR, tapi menurutnya foto dengan ponsel justru lebih memiliki banyak keunggulan seperti simpel, masuk kantong gampang,

“zaman sekarang foto yang bagus itu foto yang ada momennya, jadi momen itu sebentar, kalau pake ponsel kan tinggal ambil dari kantong, bandingkan dengan SLR yang harus membuka tas nya dulu, lama, di handphone juga ada aplikasi editing, lebih gampang untuk langsung edit,” imbuh Conanda.

Dia mengungkapkan bahwa Kofipon pernah mengikuti beberapa event, diantaranya pameran, menunjukkan karya-karya dari Kofipon, “bulan maret kemarin juga kita mengadakan pameran nasional, foto seluruh Indonesia kita kumpulkan, kita pamerkan di Kota Tua.

Member kita dari Surabaya juga pernah mendapatkan penghargaan, ikut kontes foto tingkat walikota, dia menang mengalahkan pesaing-pesaingnya yang menggunakan kamera SLR, itu menjadi suatu kebangaan, ada member kita juga yang juara internasional, mengalahkan kamera SLR juga,” paparnya.

Aturan jika ingin masuk kofipon sangat mudah dengan tinggal gabung di facebook mereka di Komunitas Fotografi Ponsel (Kofipon). “Aturan lainnya harus punya ponsel, ponsel apapun yang memiliki kamera, yang punya pixel kecil pun bisa masuk kofipon, tidak ada aturan harus ponsel ini itu, kita bebas,” tutup Conanda.

Iman firmansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0686 seconds (0.1#10.140)