Sebarkan Aura Positif Lewat Yoga

Minggu, 06 September 2015 - 09:18 WIB
Sebarkan Aura Positif Lewat Yoga
Sebarkan Aura Positif Lewat Yoga
A A A
Mengusung spirit “Beryoga Bergembira Berilmu dan Beramal”, komunitas Yoga Gembira yang berdiri enam tahun silam ini bermaksud memberikan aura positif bukan hanya kepada para anggotanya namun juga masyarakat luas.

Seperti apa? Tepat pukul 07.00 beberapa kaum urban Jakarta memulai hari dengan melakukan yoga di Taman Suropati. Rindangnya taman yang berada di pusat kota Jakarta ini, serta lokasinya yang strategis menjadikan tempat tersebut sengaja dipilih sebagai tempat para komunitas Yoga Gembira berkumpul setiap Minggu pagi sebelum memulai beraktivitas di hari libur tersebut.

Bukan hanya Minggu pagi, aktivitas yoga bersama juga dilakukan komunitas ini setiap Senin malam pukul 19.00 sampai 20.00. Sedangkan di hari Sabtu, mereka pindah tempat tepatnya di Lenggang Jakarta, Monas dimulai pukul 09.00. Dikatakan Yudhi Widdyantoro, para peserta komunitas ini berasal dari beragam latar belakang. Mereka dipersatukan oleh kecintaan terhadap olah tubuh dari India itu.

“Tidak ada sistem keanggotaan, pesertanya memang beragam dan masing-masing punya harapan berbeda. Tapi yang pasti kami amat menekankan persaudaraan dan kekeluargaan,” kata pendiri Yoga Gembira ini. Kebersamaan mereka dibuktikan lewat acara kumpul bareng usai latihan. Biasanya mereka pindah tongkrongan dan selanjutnya berwisata kuliner.

Dilanjutkan Yudhi, karena keanggotaan yang bersifat terbuka, pihaknya tidak pernah mencatat nama-nama peserta yang bergabung dalam komunitas ini. Meski demikian nama besar Yoga Gembira sudah tidak diragukan lagi keberadaannya. Terbukti menurut Yudhi beberapa komunitas yoga lain tidak sedikit yang meminta untuk bekerjasama. “Mereka ingin menduplikasi atas seijin saya.

Seperti di Surabaya misalnya, ada juga di Pematang Siantar, atau juga dengan nama Yoga Gembira dengan tambahan khas mereka, seperti Kapha Yoga Gembira Bintaro,” kata pria yang juga menggagas Yoga Gembira Festival ini kepada KORAN SINDO. Lebih jauh ia mengatakan, disamping membentuk Yoga Gembira, Yudhi juga membesut Yoga Gembira Festival yang diadakan sekaligus dalam rangka merayakan Hari Bumi yang jatuh setiap bulan April.

Ajang festival yoga yang berlangsung 24-26 April 2015 lalu tersebut, diadakan di Taman Menteng, Jakarta. Sengaja diadakan di pusat kota agar lebih mudah terjangkau oleh semua kalangan. Selain juga menghilangkan stigma negatif yang membuat yoga terkesan eksklusif. Kesempatan itu dimaksudkan untuk mengenalkan yoga kepada masyarakat lebih luas.

Tidak hanya mengampanyekan hidup sehat lewat yoga, komunitas ini juga memiliki komitmen untuk membawa manfaat bagi orang lain yang kurang beruntung seperti anak jalanan maupun korban bencana alam. Yakni melalui sumbangan sukarela yang diberikan oleh para anggotanya setiap ada kelas yoga.

Ia menuturkan yoga bisa dilakukan oleh semua orang, ibu hamil, anak-anak, hingga lanjut usia sekalipun. “Selama saya masih bernapas saya akan terus yoga. Saya yakin tubuh menjadi healthier, fresher, and sexier berkat yoga,” pungkas Yudhi.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4100 seconds (0.1#10.140)