Ed Sheeran Album 10 juta kopi

Senin, 07 September 2015 - 09:15 WIB
Ed Sheeran Album 10 juta kopi
Ed Sheeran Album 10 juta kopi
A A A
Ed Sheeran menjadi musisi muda berbakat yang mampu membukukan penjualan album terbaik dengan menembus angka 10 juta kopi pada akhir 31 Agustus lalu.

Pencapaian itu didukung dengan posisinya yang berada di posisi teratas dalam chart Billboard Top 100 Artist. Melalui Instagram , Ed mengatakan secara jelas angka-angka hasil penjualan albumnya, mulai album fisik, digital, hingga streaming online .

Penjualan album fisiknya di seluruh dunia mencapai sekitar 4,1 juta kopi, ditambah sekitar 2 juta kopi untuk penjualan secara digital. “Aku telah berhasil mencapai penjualan sebesar 10 juta kopi tahun ini. Yeah,” ujarnya. Album bertajuk “X” ini dirilis pada 2014, tapi ternyata permintaan terhadap album tersebut terus bertambah hingga saat ini.

Tidak itu saja, track equivalent album (TEA) dan stream equivalent album (SEA) berhasil mencapai angka lebih dari 3 juta, disusul dengan streaming YouTube sebanyak 850.000 kopi. Adapun setiap penjualan 10 lagu fisik dihitung menjadi penjualan 1 album. Beberapa lagu favorit dalam album tersebut, yakni Sing, Photograph, I See Fire , dan Thinking Out Loud .

Karier Ed mulai menanjak pada beberapa minggu belakangan ini. Tidak lama sebelum mengunggah hasil penjualan albumnya di Instagram , nama Ed juga naik ke puncak teratas chart Billboard Top 100 Artist. Sebelumnya, Ed sudah menelurkan album dan mengadakan konser di berbagai belahan dunia sejak 2013 dan 2014, tetapi sekarang inilah puncak keemasannya kariernya.

Dia tercatat di Chart Billboard Top 100 Artist, dinilai dari data musisi tersebut dalam beberapa chart lainnya, seperti chart Hot 100, Top Album Chart, atau the Social 50. Data yang ada juga diambil dari hasil penghitungan penjualan album dan track, pemutaran di radio, streaming, serta interaksi di media sosial. Berdasarkan data dari situs Billboard, Ed berhasil menempati posisi pertama setelah 14 bulan dia berada di jajaran top 100 artist. Ed pertama kali memasuki daftar tersebut pada 19 Juli 2014 ketika baru merilis album “X” miliknya.

Ed langsung masuk di urutan 20 besar, sebelum akhirnya naik ke 10 besar empat bulan kemudian. Namun, sejak masuk 10 besar, Ed belum pernah menempati urutan pertama. Urutan paling tinggi yang pernah diambilnya adalah posisi kedua. Dia harus mengalah kepada Taylor Swift yang sedang berada di puncak karier pada awal 2015.

Disebutkan pula bahwa kesuksesan Ed terlihat dari penjualan album “X” miliknya bulan kemarin yang meningkat lebih dari tiga kali lipat dari penjualan biasanya. Sampai pertengahan Agustus, penjualannya naik empat kali lipat lebih besar dan semakin menanjak. Belum lama ini, Ed menggelar konser dan mendapat sambutan hangat penggemarnya di negara lahirnya, Inggris.

Bahkan konsernya itu sempat menimbulkan perkelahian antar penonton. “Aku melihat ada perkelahian disana. Aku pikir pertama kalinya pernah ada perkelahian saat aku tampil,” bebernya. Pencapaian Ed ini serupa dengan apa yang didapatkan Drake dengan albumnya “If Youre Reading This Its Too Late”.

Rapper asal Kanada ini mendapat platinum album atas penjualan albumnya yang melebihi satu juta kopi dalam waktu kurang dari enam bulan. Hal ini membuat album Drake yang dirilis pada Februari lalu menjadi album pertama yang berhasil meraih prestasi tertinggi pada 2015.

Musisi terakhir yang berhasil mencapai penjualan album sebesar satu juta kopi adalah Taylor Swift. Namun, tidak termasuk album “1989” karena album tersebut baru keluar pada Oktober 2014. Begitu juga dengan Ed yang merilis albumnya pada 2014.

Fatturahman Hakim
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7083 seconds (0.1#10.140)