Ketahui Kesehatan Tubuh Lewat Mata

Selasa, 06 Oktober 2015 - 06:04 WIB
Ketahui Kesehatan Tubuh Lewat Mata
Ketahui Kesehatan Tubuh Lewat Mata
A A A
JAKARTA - Para ahli mengatakan, bahwa dengan melihat mata seseorang dapat diketahui masalah kesehatan yang tidak terdiagnosis. Mata merupakan jendela dalam tubuh, sehingga dapat mencegah banyaknya penyakit yang mengancam jiwa Anda.

Kebanyakan dari orang mengira bahwa memeriksa mata hanya untuk mengetahui masalah pengelihatan, tetapi tidak hanya itu. Justru dengan sering melakukan pemeriksaan rutin, akan diketahui masalah pada tubuh Anda. Seperti penyakit diabetes dapat terdeteksi dari mata, sebelum penyakit tersebut mengancam kesehatan Anda.

Seperti dikutip dari Time of India, berikut adalah 9 gejala mata yang dapat mendeteksi masalah kesehatan dari mata Anda.

1. Mata merah
Mata merah menandakan Anda akan mengalami tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah di mata Anda muncul atau bahkan bisa terjadinya meledaknya pembuluh darah dibagian mata. Sebagian orang yang mengalami darah tinggi tidak mengetahui bahwa memiliki mata merah dapat penyababkan stroke.

2. Mata Kelihatan kuning di bagian belakang
Penampakan kuning lemak atau air kecil di retina adalah tanda diabetes tipe 2. Diagnosis dini adalah pencegahan jangka panjang, namun kadang-kadang tidak terdeteksi sehingga terjadi dampak yang fatal atau komplikasi pada Anda.

3. Cincin iris
Cincin putih di sekitar iris atau bagian berwarna dari biji mata anda adalah tanda kadar kolesterol tinggi. Petunjuk lain adalah xanthelasma - datar, timbunan lemak putih di bawah kulit di sekitar kelopak mata menunjukan orang dengan kedua gejala ini adalah memiliki resiko lebih tinggi penyakit janjtung.

4. Kelopak mata
Jika bagian dalam kelopak mata anda terlihat pucat, Anda mungkin mengalami anemia atau kurang zat besi. Anemia dapat diobati dengan suplemen zat besi, tetapi dapat menjadi tanda pendarahan di dalam.

5. Mata menonjol
Mata yang telihat menonjol adalah bukti tiroid yang terlalu aktif. Tingkat Abnormal hormon tiroid menyebabkan jaringan di sekitar mata membengkak, sehingga mata tampak menonjol.

6. Kelopak mata gelap
Hal ini juga bisa menjadi gejala dari stroke, teruma anda yang mengalami cadel dalam berbicara. Selain gejala stroke bagi Anda yang menderita cadel, hal ini bisa dari tumor otak atau penyakit autoimun yang dikenal sebagai myasthenia gravis.

7. Mata kuning
Kata kuning menandakan kondisi masalah yang berada hati termasuk hepatitis dan sirosis. Penyakit tersebut dapat mengubah bagian putih di mata Anda menjadi warna kuning, gejala ini memerlukan penanganan dari dokter. Perubahan warna menjadi kuning disebabkan oleh bilirubin, zat kimia yang dibuat oleh pemecahan hemoglobin, yang membawa oksigen molekul dalam sel darah merah.

8. Saraf mata pucat
Saraf mata mata adalah mentransmisikan informasi dari retina ke otak, terlihat di bagian belakang mata untuk seorang ahli mata. Sebuah saraf mata yang terlihat pucat bisa menjadi awal dari MS atau bukti dari tumor otak.

9. Biji mata yang berubah
Biji mata yang sehat adalah ukuran yang sama dan bereaksi sama terhadap cahaya. Jika hal ini tidak terjadi dengan Anda, sebaiknya periksa diri untuk masalah seperti stroke, otak atau tumor saraf mata, aneurisma otak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4817 seconds (0.1#10.140)
pixels