5 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Nomor Terakhir Penting Bagi Pengguna Gadget

Jum'at, 16 Juni 2023 - 12:10 WIB
loading...
5 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Nomor Terakhir Penting Bagi Pengguna Gadget
Cara menjaga kesehatan mata sangat penting diketahui. Sebab, gangguan kesehatan panca indera ini bisa dialami siapa saja tanpa memandang usia. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Cara menjaga kesehatan mata sangat penting diketahui. Sebab, gangguan kesehatan panca indera yang satu ini bisa dialami siapa saja tanpa memandang usia.

Di dalam kehidupan sehari-hari, indera penglihatan berfungsi untuk memberikan gambaran visual di sekeliling kita.

Mengetahui betapa pentingnya peran kedua mata tersebut, kesehatan mata pun perlu dijaga dengan baik.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga kesehatan mata.


Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Mata yang sehat berawal dari makanan yang tersaji di piring Anda. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, serta Vitamin C dan E dapat membantu menghindarkan Anda dari komplikasi mata yang terkait dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Makanan yang sehat dan bergizi dapat diisi dengan pilihan makanan seperti sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, dan buncis); daging (ayam dan sapi); ikan (salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya; telur, kacang, atau makanan mengandung protein selain daging; jeruk (buah-buahan lain atau jus); dan kerang.

Selain menjaga kesehatan mata, diet dengan makanan gizi seimbang dapat membantu Anda memiliki berat badan yang sehat. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan untuk mengalami obesitas dan komplikasi penyakit-penyakit lainnya seperti diabetes tipe 2, diabetes ini dapat mengakibatkan kebutaan di usia dewasa.

2. Berhenti Merokok

Merokok dapat membuat mata terjangkit katarak, merusak saraf optik Anda, degenerasi makula, dan banyak komplikasi mata lainnya. Jika Anda sedang mencoba untuk menghentikan kebiasaan merokok, usahakan untuk tetap konsisten.

Saat Anda stop merokok, maka Anda bisa mengurangi pemicu komplikasi pada mata. Anda dapat menanyakan saran kepada dokter untuk berhenti merokok.


3. Pakai Kacamata Hitam

Kacamata hitam dengan lensa yang tepat dapat melindungi mata Anda dari pancaran sinar ultraviolet (UV). Meski demikian, terlalu sering eksposur sinar UV dapat meningkatkan kemungkinan Anda terjangkit katarak dan degenerasi makula.

Pilihlah kacamata hitam yang memblokir 99 persen hingga 100 persen pancaran UVA dan UVB. Lensa kacamata wraparound dapat melindungi mata Anda dari arah samping.

Lensa terpolarisasi atau bersifat anti-reflektif dapat membuat Anda mengurangi tatapan mata yang dapat membuat mata Anda kering atau gatal. Jika Anda menggunakan kontak lens, beberapa varian menawarkan proteksi sinar UV (UV protection).

4. Gunakan Kacamata Pengaman

Kalau Anda menggunakan bahan-bahan berbahaya saat Anda bekerja atau sedang di rumah, pakailah kacamata pengaman atau safety googles.

5. Jaga Jarak dari Layar Komputer

Menatap layar komputer atau hape dalam waktu lama dapat menyebabkan mata tegang, penglihatan kabur, kesulitan untuk melihat jarak jauh, mata kering, sakit kepala, nyeri leher, punggung dan pundak.

Untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan komputer atau hape adalah sebagai berikut.
- Pastikan kacamata atau resep kontak lens Anda masih dapat digunakan serta bisa melihat visual dengan jelas di layar komputer
- Jika mata Anda masih terasa tegang, bicarakan kepada dokter mengenai kacamata komputer.
- That lets you look slightly down at the screen. Atur jarak layar agar posisi mata Anda di atas monitor
- Pilih kursi yang nyaman diduduki. Posisikan agar kaki Anda menapaki lantai secara datar.
- Jika mata Anda kering, kedipkan kelopak mata Anda beberapa kali atau gunakan tetes mata.
- Istirahatkan mata Anda tiap 20 menit sekali. Arahkan pandangan mata tunduk ke bawah selama 20 detik. Berdiri setidaknya tiap dua jam sekali dan istirahat per 15 menit.MG/Shavna Dewati Setiawan
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2578 seconds (0.1#10.140)