Jam Tangan Milik Astronaut Dilelang Senilai Rp14 Miliar

Senin, 02 November 2015 - 06:05 WIB
Jam Tangan Milik Astronaut Dilelang Senilai Rp14 Miliar
Jam Tangan Milik Astronaut Dilelang Senilai Rp14 Miliar
A A A
LOS ANGELES - Ada yang menarik dalam acara pelelangan Space and Aviation Auction. Pasalnya, acara yang digelar pada 15-22 Oktober 2015 ini menghadirkan jam tangan milik komandan Apollo 15 pada misi luar angkasa 1971, David Scott.

Dilansir dari Daily Mail, jam yang pernah digunakan Scoot saat berjalan di bulan itu akan dilelang antara USD750 ribu hingga USD1 juta atau setara dengan Rp14 miliar.

Setiap astronaut diharuskan memiliki ketepatan soal waktu perjalanan serta pendaratan mereka. Untuk itu, Scott menggunakan jam tangan Bulova Chronograph model 88510 yang disimpan dengan aman di Lunar Module.

Scott juga menjadi satu-satunya astronaut yang memakai jam tangan lebih dari satu, yaitu Omega dan Bulova. Saat menjalankan misinya, Scoot menyadari bahwa kristal Hesalite pada Omega Speedmaster telah hilang, untuk itu ia menggunakan jam tangan cadangan, yakni Bulova.

Kabarnya, jam tangan Bulova Chronograph yang dipakai astronaut NASA itu sangat membantu dan telah digunakan selama 4 jam, 49 menit, dan 50 detik. Chronograph digunakan di bulan untuk melacak waktu dari persediaan yang digunakan, yakni oksigen, air, dan baterai di ransel portable life support system (PLSS).

"Chronograph memiliki rincian surat sebanyak lima halaman mengenai keaslian latar belakang cerita dan penggunaan misi. Dalam sebuah foto, jam tangan itu terlihat meninggalkan goresan serta debu," papar kepala RR Auction, Bobby Livingston.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1096 seconds (0.1#10.140)