Sehatkah Keju Susu Kambing?

Senin, 02 November 2015 - 18:30 WIB
Sehatkah Keju Susu Kambing?
Sehatkah Keju Susu Kambing?
A A A
JAKARTA - Keju yang terbuat dari susu kambing diklaim sebagai keju yang sehat. Keju ini memiliki tekstur lebih creamy dengan aroma yang kuat.

Dilansir dari Time, ahli nutrisi, Kristin Kirpatrick mengungkapkan, keju kambing memiliki lemak jenuh lebih rendah dibandingkan jenis keju lainnya. Sekitar 28,3 gram atau satu ons keju kambing, disebut-sebut mengandung 75 kalori dan 6 gram lemak.

Tidak hanya itu, keju kambing juga mengandung 5 gram protein, 40 miligram kalsium dan memenuhi 30% kebutuhan zat besi untuk tubuh. Penelitian ini juga dibenarkan dosen Departemen Fisiologi University of Granada, Spanyol, Javier Diaz Castro.

Javier menguji seekor tikus dengan memberikan susu kambing. Hasil penelitian Javier pun menunjukkan, susu kambing lebih dapat menyuplai zat besi dan meningkatkan pembentukan tulang serta menyuplai ketersediaan mineral dibandingkan susu sapi.

Namun, pendapat berbeda diungkapkan Direktur Yale University Prevention Research Center, David Katz. Menurut dia, keju kambing, roti dan wine merupakan kombinasi kuliner yang tepat. Sayangnya, David menilai keju kambing bukan makanan untuk kesehatan.

"Tapi sekali lagi, kesenangan itu baik untuk kesehatan dan bagi yang menyukainya, keju kambing adalah sesuatu yang menyenangkan," ujar David.

Menurut ahli kimia makanan dari University of Hohenheim, Jerman, Walter Vetter, olahan susu kambing menjadi alternatif makanan sehat bagi orang-orang dengan alergi protein sapi.

Hal senada juga diungkapkan oleh pemborong keju untuk Whole Food Market, Cathy Strange. Menurutnya, keju kambing sangat sehat karena mudah dicerna. "Struktur proteinnya berbeda dibanding susu hewan yang lain, ini lebih mudah dicerna karena lemaknya tidak terpisah," kata Cathy.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6206 seconds (0.1#10.140)