Mari ke Maratua, Surganya Para Penyelam dan Fotografer

Minggu, 08 November 2015 - 17:30 WIB
Mari ke Maratua, Surganya Para Penyelam dan Fotografer
Mari ke Maratua, Surganya Para Penyelam dan Fotografer
A A A
JAKARTA - Terletak di bagian terluar Indonesia, Kepulauan dan Pulau Maratua menyuguhkan destinasi wisata bahari dengan beranekaragam spesies hewan laut.

maratua paradise resort (trover.com)

Beberapa di antaranya langka dan termasuk hewan dilindungi. Tak heran jika pulau ini menjadi surga bagi para penyelam dan fotografer karena keindahannya yang memesona.

Pulau Maratua akan menyambut Anda dengan hamparan pasir putih dan laut yang biru. Pulau yang berada di bagian timur Provinsi Kalimantan Timur tersebut juga menyuguhkan berbagai macam kegiatan menarik, seperti berenang, diving, snorkeling, fotografi, mengunjungi pemukiman Suku Bajo, melihat penyu, berpetualang ke gunung, gua bawah laut dan danau.

Gua Aji Malik yang tersembunyi di Maratua (trover.com)

Dikutip dari Misteraladin, untuk menikmati keindahan bawah laut, Anda tidak perlu menyelam terlalu dalam. Cukup dari kedalaman lima meter, Anda bisa menyaksikan berbagai jenis hewan seperti hiu (white tip sharks dan hammerhead sharks), kuda laut, belut pita, cumi-cumi, lobster dan ikan pipa.

Menariknya, Pulau Maratua memiliki batu karang dengan panjang 18 meter di kedalaman air 10 meter yang bernama Blue Trigger Wall. Pulau Maratua juga menjadi pulau terbesar bagi penyu untuk bertelur. Jika ingin melihat proses penyu bertelur, Anda harus keluar malam hari.

Selain itu, keindahan Pulau Maratua juga dapat dinikmati dari 21 titik diving. Dari peta, titik-titik tersebut terlihat seperti bentuk huruf U terbalik.

Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan diving dan snorkeling. Pasalnya, terdapat jasa dive operator yang siap menyewakan peralatan diving.

maratua paradise resort (usphotoworks.files.wordpress.com)

Bagi Anda yang ingin berpetualang, Anda bisa mengunjungi gua sarang burung walet atau mendaki gunung putih untuk menyaksikan Teluk Maratua dan tebing-tebing yang menghiasinya. Berada di atas ketinggian sambil melihat pantai di saat matahari terbenam tentunya akan menjadi pengalaman menarik.

Pulau dengan luas daratan sekitar 384,36 km ini telah dihuni oleh Suku Bajo dan terbagi menjadi empat desa. Jangan lupa untuk membeli hasil kerajinan dari pulau ini sebagai cinderamata.

Namun sayang, Pulau Maratua hanya memiliki satu penginapan yaitu Maratua Paradise Resort. Untuk menginap di sini, Anda harus mempersiapkan kocek antara Rp900 ribu sampai Rp1.250 ribu per orang.

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa menginap di rumah penduduk dengan tarif Rp250 ribu sampai Rp350 ribu per malam.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7144 seconds (0.1#10.140)
pixels