30 Juta Orang Indonesia Kena Jamur Kuku. Waspadai 3 Ciri ini!

Jum'at, 13 November 2015 - 07:25 WIB
30 Juta Orang Indonesia Kena Jamur Kuku. Waspadai 3 Ciri ini!
30 Juta Orang Indonesia Kena Jamur Kuku. Waspadai 3 Ciri ini!
A A A
JAKARTA - Lebih dari 900 juta orang di dunia yang mengalami masalah jamur kuku atau Onikomikosis. Sementara di Indonesia, terdapat lebih dari 30 juta orang mengalami jamur kuku.

Brand Manager PT Transfarma Medica Indah, Primata Tantiana mengungkapkan, umumnya orang-orang tidak mengetahui penyebab dan ciri-ciri jamur kuku.

Bahkan, jamur kuku kerap dianggap sepele dan disembunyikan oleh para pengidapnya dengan mengenakan alas kaki yang tertutup.

"Walaupun hanya sebagian kecil, namun kuku menjadi bagian estetika tubuh yang tidak terpisahkan dari keseluruhan penampilan. Hal ini memengaruhi kepercayaan diri seseorang," papar Primata saat jumpa pers di Menara UOB, Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Berikut ciri-ciri jamur kuku yang wajib diketahui:

1. Kuku berwarna putih kekuningan

2. Kuku menebal

3. Kuku pecah, retak dan memberikan keluhan gatal, sakit dan bau kaki

Seperti dilansir dari wikihow. Perlu diketahui, infeksi jamur kuku kaki, atau onychomycosis, pastinya tidak menyenangkan. Anda bisa mengalami beragam hal, mulai dari perubahan warna kuku, bau dan keluarnya cairan yang tidak sedap, hingga kuku sepenuhnya copot.

Walau tampak mencemaskan, kabar baiknya, infeksi jamur kuku ini bisa diobati, dan kuku kaki Anda bisa tetap sehat setelahnya, asalkan Anda tekun merawat dan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari terulangnya infeksi.

Sadari bahwa mengobati infeksi jamur kuku, walau mudah dan bisa dilakukan, adalah proses panjang yang bisa jadi memerlukan keterlibatan dokter.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5225 seconds (0.1#10.140)
pixels