Adele Tak Sediakan 25 untuk Layanan Streaming

Jum'at, 20 November 2015 - 19:30 WIB
Adele Tak Sediakan 25 untuk Layanan Streaming
Adele Tak Sediakan 25 untuk Layanan Streaming
A A A
LOS ANGELES - Adele memutuskan untuk tidak menyediakan album terbarunya, 25, di layanan streaming. Keputusan ini telah dikonfirmasi setidaknya tiga penyedia layanan streaming musik, termasuk Spotify, Apple Music dan Deezer.

Apple Inc menyatakan, 25 yang dirilis Jumat (20/11/2015) tidak akan tersedia untuk di-stream di Apple Music. Meski begitu, single terbaru Adele, Hello, akan tetap tersedia untuk streaming. Mereka menawarkan untuk membeli album itu di toko online iTunes.

Spotify juga mengonfirmasi kalau pengikut mereka tidak akan punya akses ke album baru itu. “Kami menyayangi dan menghormati Adele, dan juga 24 juta fans-nya di Spotify. Kami berharap dia akan memberikan kesempatan bagi para fans untuk menikmati 25 di Spotify bersama 19 dan 21 dalam waktu dekat,” papar Spotify dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters.

Kepala eksekutif Deezer Amerika Utara Tyler Goldman menuturkan, layanan itu tidak akan menawarkan 25. Perwakilan Adele menolak mengomentari keputusan itu.

Sumber industri musik mengatakan, label rekaman Adele, XL Recording, memutuskan untuk menahan 25 dari platform streaming begitu dirilis. Kabar ini kali pertama diungkap The New York Times. Album 25 diperkirakan bakal menjadi album terbesar pada 2015.

“Dia mendapatkan keuntungan dari langganan berbayar. Tapi, dia memanfaatkannya sebagai peluang untuk berusaha dan menjual lebih banyak CD atau download. Kalau semua artis melakukan ini, maka kami tidak akan mengalami pertumbuhan dalam pelanggan yang kami punya,” papar Goldman kepada Reuters.

Meski begitu, iHeartRadio akan menyediakan seluruh lagu dari 25 begitu album ini dirilis. Langkah ini jelas untuk meningkatkan peluang 25 untuk memecahkan rekor *NSYNC untuk penjualan terbesar pada pekan pertama berdasarkan era Nielsen/SoundScan, yaitu 1991—sekarang.

Billboard melaporkan, Columbia akan mengirimkan sekitar 3,6 juta kopi 25 ke Amerika Serikat (AS) dengan album itu diperkirakan laku 2,5 juta pada pekan debutnya kalau prediksi industri benar. Ini akan membuat Adele mengalahkan boy band fenomenal itu yang menjual 2,415 juta album No String Attached pada pekan pertama. Angka ini jelas mengesankan karena penjualan album pada 15 tahun lalu lebih tinggi.

Album 25 adalah yang pertama bagi Adele sejak meluncurkan 21 pada 2011 yang terjual lebih dari 30 juta keping di seluruh dunia. Menurut perkiraan majalah Billboard, 25 diperkirakan akan laku lebih dari 2,5 juta unit di Amerika Utara pada pekan pertama penjualannya.

Langkah Adele ini pernah dilakukan Taylor Swift. Dia menolak menawarkan album 1989 kepada layanan streaming tahun lalu dengan alasan musik seharusnya tidak gratis. Dia memang memasukkan album itu ke Apple Music pada Juli lalu setelah perusahaan itu sepakat membayar Taylor selama free trial. 1989 menjadi album terlaris di dunia pada 2014 dengan penjualan diperkirakan mencapai lebih dari 8,5 kopi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7650 seconds (0.1#10.140)