Waspada! Bertukar Kosmetik Sebabkan Flu

Minggu, 13 Desember 2015 - 06:10 WIB
Waspada! Bertukar Kosmetik Sebabkan Flu
Waspada! Bertukar Kosmetik Sebabkan Flu
A A A
JAKARTA - Flu bisa datang kapan saja. Terutama jika daya tahan tubuh Anda sedang melemah. Namun sebuah fakta mengejutkan, bahwa make up juga bisa menyebabkan Anda terserang flu.

Umumnya hal ini disebabkan karena make up yang digunakan menjadi sarang bakteri. Berikut cara mencegah flu dari make up yang dilansir dari Huffington Post.

1. Hindari Bertukar Lipstik & Maskara
Tak jarang para wanita kerap bertukar alat make up. Seperti lipstik dan maskara. Namun sayang, kebiasaan ini membuat terjadinya penyebaran bakteri dan virus flu. Selain lipstik, make up artis, Beth Ricanati mengatakan, mewaspadai dalam menggunakan maskara.

Pasalnya, batang maskara bisa membawa bakteri dan mudah menyebar. Untuk itu Beth menganjurkan agar mengganti maskara setiap tiga bulan.

2. ‎Membersihkan Tas Make up
Pastikan Anda membersihkan tas make up. Bersihkan bagian dalam dan luar tempat make up dengan tisu anti bakteri atau sampo bayi. Selanjutnya, keringkan sebelum dimasukkan produk make up. Pastikan pula untuk rutin mencuci brush beberapa kali sebulan, paling tidak setelah terlihat kotor.

Selain itu untuk meminimalisir perkembangan bakteri, sisakan ruang dalam tas make up Anda dengan membuang item tak terpakai.

3. Bersihkan Setelah Pakai
Sediakan alkohol 70% dalam tas make up Anda. Hal ini berguna untuk meredam lipstik agar higienis. Cukup mengikis bagian atas lipstik yang telah digunakan orang lain dengan pisau roti atau cotton bud. Selanjutnya celupkan bagian atas pada sebuah wadah yang berisi alkohol dan taruh di freezer semalaman untuk membunuh bakteri.

4. Rautan
Selain untuk meruncingkan produk kosmetik Anda, rautan juga bisa mencegah Anda terhindar dari flu. Pasalnya dengan meraut pensil setelah dipakai orang lain bisa membuat steril.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0237 seconds (0.1#10.140)