Lama Ngedot, Sebabkan Anak Pakai Behel Saat Dewasa

Selasa, 15 Desember 2015 - 16:30 WIB
Lama Ngedot, Sebabkan Anak Pakai Behel Saat Dewasa
Lama Ngedot, Sebabkan Anak Pakai Behel Saat Dewasa
A A A
JAKARTA - Minum susu di dot merupakan kegemaran anak-anak. Tak sedikit juga para orang tua kerap memberikan dot kepada buah hati mereka agar membuatnya tidak rewel.

Namun pastikan kebiasaan tersebut tidak berlangsung lama. Pasalnya, menggunakan dot terlalu lama memicu anak menggunakan behel di usia dewasa. Hal tersebut diungkapkan oleh pengurus Ikatan Ortodontis Indonesia (IKORTI) Komda Jaya, drg Dwi Anie Lestari, SpOrt.

"Misalnya terlalu lama minum susu di dot karena saat anak mengisap susu di dot akan ada efek menjulurkan lidah dan itu bisa terbawa sampai besar. Ketika anak bicara, lidah keluar-keluar gitu, itu terbawa. Kemudian, gigi pun bentuknya nggak rapat di depan karena terdorong oleh lidah," papar Dwi di Balai Kartini, Jakarta.

Selain itu, menggunakan behel juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan seperti kondisi rahang dan gigi yang terlalu besar atau kecil. Menggigit kuku atau pensil sehingga gigi menjadi renggang dan anak yang kerap pilek hingga sulit bernapas lewat hidung.

Dengan demikian anak akan lebih nyaman bernapas lewat mulut. Saat sudah menjadi kebiasaan, anak kerap menganga saat menonton TV. Oleh karena itu, Dwi menganjurkan orang tua untuk berhati-hati.

"Jangan dianggap biasa ketika melihat anak asyik nonton TV atau melamun lalu ternganga. Dengan begitu, giginya otomatis terdorong, meskipun kita melihat gaya dorongnya yang tidak terlalu besar tapi tetap ada kontribusi pada terdorongnya gigi," ujarnya.

Kerap mengonsumsi makanan manis juga dipercaya memicu anak menggunakan behel. Hal ini disebabkan oleh gigi yang berlubang sehingga membuat anak takut mengunyah makanan. Dengan begitu rahang dan gigi menjadi tidak simetris.

"Orang tua harus rutin periksa kondisi gigi anaknya. Jangan dianggap biasa semuanya. Setidaknya pas anak sudah usia enam tahun," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6162 seconds (0.1#10.140)