5 Cara Ajarkan Anak Rajin Gosok Gigi di Rumah

Senin, 02 November 2020 - 17:01 WIB
loading...
5 Cara Ajarkan Anak Rajin Gosok Gigi di Rumah
Menyikat gigi menjadi pekerjaan mudah sekaligus sulit bagi anak-anak. Sebagai orang tua, Anda sering kali dipusingkan dengan masalah ini. Bagaimana solusinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Menyikat gigi menjadi pekerjaan yang mudah sekaligus sulit bagi anak-anak. Sebagai orang tua, Anda sering kali dipusingkan dengan masalah ini. terutama saat membujuk buah hati Anda untuk gosok gigi di rumah.

Mengajak buah hati Anda melakukan sebuah kewajiban harus dilakukan dengan cara menyenangkan. Anda tidak bisa memaksa atau menyeretnya untuk menyikat gigi. Maka dari itu, untuk memudahkan sesi menyikat gigi, berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya menyenangkan seperti dilansir Times of India. (Baca juga: Usai Liburan, Kembali Bugar dengan Olahraga Ringan )

1. Pilih Pasta Gigi dengan Rasa
Membiarkan anak Anda memilih pasta gigi dan sikat gigi adalah cara terbaik untuk mereka gunakan nanti. Ketika Anda memberi mereka pasta gigi dengan rasa buah yang mereka suka itu menjadi hal yang menyenangkan baginya. Cukup pastikan padta giginya bebas fluorida sehingga jika mereka menelannya secara tidak sengaja, Anda tidak perlu khawatir.

2. Beri Alunan Musik
Anak-anak tidak perlu menyikat gigi lebih dari dua menit seperti orang dewasa. Tetapi dalam waktu yang singkat saja mungkin amat sulit mengajak mereka sikat gigi, anda bisa Memutar lagu atau dongeng favoritnya, itu bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat mereka melakukannya lebih lama.

3. Beri Permainan Menyenangkan
Biarkan mereka berlatih menyikat gigi, selain itu anda bisa menceritakan kisah menyenangkan tentang melawan kuman sehingga membuat anak-anak semangat menyikat gigi.

4. Memberi Hadiah
Cobalah janjikan hadiah kepada anak Anda saat dia mampu konsisten menyikat gigi dengan baik. Memuji seorang anak atas usaha mereka adalah cara terbaik untuk menyemangati mereka secara psikologis. (Baca juga: Pangeran Charles Sedih Satu Tahun Tak Bertemu Cucu )

5. Beri Contoh yang Baik
Jika Anda rutin menyikat gigi di depan anak, otomatis mereka akan terdorong untuk melakukannya. Sempatkan waktu untuk menyikat gigi bersama keluarga sehingga terbangun aktivitas yang menyenangkan bagi anak Anda.
(tdy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1652 seconds (10.177#12.26)