Prinsip 5S Bantu Anak Tumbuh Menjadi Sehat

Rabu, 16 Desember 2015 - 11:30 WIB
Prinsip 5S Bantu Anak...
Prinsip 5S Bantu Anak Tumbuh Menjadi Sehat
A A A
JAKARTA - Prinsip 5S yakni makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat dan lingkungan sehat dipercaya mampu membuat anak tumbuh menjadi sehat. Hal tersebut diungkapkan oleh Ahli Gizi Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK.

Idealnya, makan sehat mengikuti prinsip 4J, yakni jumlah, jadwal, jenis dan jurus masak. Pastikan juga jumlah makanan yang dikonsumsi si kecil seimbang dengan energi yang dihasilkan.

"Nah, jadwal makan minimal tiga kali sehari, pada anak diselingi 2 kali snack time dengan snack yang sehat misalnya olahan buah. Anak harus berolahraga, kalo gak bisa kegemukan," papar dr Samuel saat Diskusi Cerdas Frisian Flag Indonesia Tantangan Pola Asuh Orang Tua Millenial, di Djakarta Theatre, Selasa (15/12/2015).

Sementara untuk jenis makanan harus ada karbohidrat, buah, sayur dan protein. Untuk konsumsi lemak, haruslah lemak yang sehat, seperti minyak ikan pada ikan salmon dan bandeng yang kaya akan omega 3.

Samuel pun menyarankan agar makanan di masak tidak dengan digoreng dan menggunakan bahan makanan yang segar. Agar tetap sehat, mulailah memasak dengan cara dibakar, direbus dan dikukus.

"Lalu berpikir sehat caranya dengan jangan bikin anak stres. Jangan terlalu menuntut anak sehingga anak merasa bahagia. Istirahat sehat, untuk anak minimal tidur 8-10 jam sehari karena anak masih butuh growth hormone," kata dia.

Orang tua juga diwajibkan menemani anak untuk melakukan aktivitas sehat seperti olahraga bermain sepeda, main bola dan badminton. Selain itu, anak juga wajib memiliki lingkungan yang sehat.

"Lingkungan bebas dari asap rokok untuk anak itu wajib. Melakukan 5S bisa mudah kalau ada motivasi orang tuanya misalnya ingin tetap sehat di usia tua dan mereka mau anak-anaknya bisa tetap bugar ke depannya," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0758 seconds (0.1#10.140)