Discover Indonesia Sukses Buat Kolaborasi Seni Inggris-Indonesia

Jum'at, 18 Desember 2015 - 10:30 WIB
Discover Indonesia Sukses Buat Kolaborasi Seni Inggris-Indonesia
Discover Indonesia Sukses Buat Kolaborasi Seni Inggris-Indonesia
A A A
JAKARTA - Komitmen sebuah organisasi internasional asal Inggris yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan, British Council untuk memperdalam kolaborasi seni antara Inggris dan Indonesia telah diwujudkan dengan melaksanakan program bertajuk Discover Indonesia yang digelar pada bulan Agustus lalu.

Program ini sekaligus merupakan bukti nyata dari komitmen yang melibatkan talenta muda asal Inggris dan Indonesia.

"Membangun kemitraan kolaboratif jangka panjang di semua bisang kerja kami adalah salah satu prioritas British Council di Indonesia. Hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan di bidang kesenian dan ekonomi kreatif. Selama empat tahun ke depan British Council UK-ID akan terus memunculkan talenta terbaik dari kedua negara untuk memperkuat hubungan budaya yang ada selama ini," jelas Sally Goggin, Direktur British Council Indonesia saat konferensi pers Discover Indonesia di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Dalam program Discover Indonesia ini, British Council bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dinas Pariwisata Provinsi Aceh. Kegiatan ini telah sukses memfasilitasi keberangkatan rombongan seniman yang terdiri dari seniman boneka Papermoon Puppet Theatre dari Yogyakarta, kelompok musik Kande dari Aceh, dan sanggar tari Soeryo Soemirat dari Surakarta.

Para seniman ini berkesempatan untuk menampilkan karyanya di empat panggung seni pertunjukan bergengsi Inggris, seperti C Venue di Edinburgh, Southbank Centre di London, Cryptic di Glasgow, dan Wales Millenium Centre di Cardiff dengan tema Wonderful Indonesia.

Usai rangkaian pertunjukan, Kande berhasil meraih penghargaan Herald Angels Award untuk karyanya Aceh Meukondroe dan Papermoon juga berhasil dinominasikan dalam Fringe Sustainable Practice Award 2015.

Dalam kesempatan ini, Direktur Kesenian dan Industri Kreatif British Council Indonesia, Adam Pushkin memberikan apresiasi atas kolaborasi dan pertukaran kebudayaan antara Inggris dan Indonesia di bidang kesenian dan industri kreatif.

"Kami sangat tertarik untuk melihat lebih banyak lagi. Dan program Discover Indonesia ini merupakan awal yang gemilang. Kami akan terus membuka kesempatan kemitraan dengan berbagai pihak untuk mengembangkan hubungan antara kedua negara," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8331 seconds (0.1#10.140)