5 Makanan Pencegah Gigi Berlubang dan Manfaat Air Liur

Rabu, 23 Desember 2015 - 02:25 WIB
5 Makanan Pencegah Gigi Berlubang dan Manfaat Air Liur
5 Makanan Pencegah Gigi Berlubang dan Manfaat Air Liur
A A A
JAKARTA - Menyikat gigi dengan teratur merupakan kegiatan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Tapi tahukah Anda kalau mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi, dapat dihindari lebih dini dengan jenis makanan yang Anda konsumsi?

Dikutip dari Times of India, berikut makanan dalam diet sehari-hari yang dapat membantu nafas segar dan merawat gigi Anda agar tetap sehat.

1. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, sawi hijau, daun kale, okra, ataupun sayuran berdaun lainnya sangat baik untuk mendapatkan vitamin dan mineral dalam diet.

2. Produk non-vegetarian
Serat dengan kandungan mineral juga sangat penting untuk melindungin email gigi. Selain itu, daging, ikan dan tahu adalah sumber mineral yang sangat baik.

3. Keju dan yogurt
Mengkonsumsi keju dan yogurt dapat melindungi enamel gigi dan akan membantu menggantikan mineral dalam gigi.

Sehigga mengkonsumsi keju dengan rendah lemak dan yogurt tanpa lemak dapat dijadikan pilihan dalam menu diet. Keju mengandung protein yang ditemukan dapat menopang enamel gigi.

4. Susu dan telur
Susu dan telur merupakan sumber yang sangat baik dari kalsium dan vitamin. Produk susu dan kuning telur dapat memperkuat gigi.

5. Sayuran renyah dan buah-buahan
Sayuran renyah yang dimaksud seperti wortel, apel dan seledri mengandung banyak air dan membutuhkan banyak mengunyah yang baik untuk kesehatan mulut.

Mengunyah dengan banyak dapat merangsang aliran air liur dan dapat Anda jadikan scrub permukaan gigi pada saat makan. Hal ini dapat membuat gigi putih seperti mutiara.

Sedangkan air liur mengandung enzim yang menyangga yang ada pada makanan dan membersihkan sisa makanan dari semua sudut mulut.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6465 seconds (0.1#10.140)