Setelah Gosok Gigi, Sebaiknya Berkumur atau Tidak?

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:40 WIB
loading...
Setelah Gosok Gigi, Sebaiknya Berkumur atau Tidak?
Sebagian besar masyarakat masih ada yang berkumur selepas menggosok gigi, namun begitu juga terdapat yang melakukan sebaliknya. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sebagian besar masyarakat masih ada yang berkumur selepas menggosok gigi . Dengan berkumur, mereka meyakini jika hal itu bisa membersihkan seluruh rongga mulut.

Kendati demikian, terdapat juga sebagian masyarakat lainnya yang memiliki kebiasaan sebaliknya. Lantas perlukah berkumur setelah gosok gigi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Bahan aktif di sebagian besar pasta gigi mengandung mineral yang disebut fluoride. Fluoride berfungsi membantu mencegah kerusakan gigi dengan meremineralisasi email dan membuat gigi lebih tahan terhadap serangan asam.

Baca juga: Angka Kematian Gangguan Ginjal Akut Meningkat, Kebanyakan Berasal dari Jakarta

Berkumur berpotensi menghilangkan fluoride yang akan bekerja pada gigi sebelum waktunya. Dengan memuntahkan pasta gigi tanpa berkumur atau membilasnya dengan air, membantu fluoride untuk bekerja secara aktif di dalam mulut.

Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan berkumur setelah menyikat gigi, tetapi mungkin ada baiknya untuk mulai mencobanya. Meninggalkan sisa pasta gigi di mulut Anda dapat mengurangi kerusakan gigi.

Fluoride adalah mineral yang membantu mencegah kerusakan gigi, di antara manfaat lainnya. Sejumlah kecil fluoride ditemukan secara alami di beberapa makanan yang Anda makan, tetapi juga ditambahkan ke air minum dan produk kesehatan mulut untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi.

Fluoride paling membantu gigi Anda ketika dioleskan langsung ke gigi Anda. Fluorida yang menempel pada gigi Anda selama beberapa menit memberikan manfaat terbesar.

Namun, beberapa produk gigi mengandung konsentrasi fluoride yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Jadi strategi berkumur setelah menyikat gigi menjadi praktik umum sebagai cara untuk mencegah konsumsi fluoride dalam jumlah yang signifikan.

Dan hal tersebut membuat banyak orang melakukan aktivitas berkumur untuk menghilangkan rasa tak nyaman yang ditimbulkan setelah menggosok gigi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2848 seconds (11.252#12.26)